Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Genjot Penjualan lewat WhatsApp Selama Ramadhan

Kompas.com - 14/03/2023, 13:49 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bulan Ramadhan menjadi momentum yang tepat untuk para pelaku usaha mendorong pemasaran dan meningkatkan penjualan. Upaya pemasaran dan penjualan bisa dilakukan secara online, salah satunya melalui aplikasi WhatsApp.

Aplikasi percapakan ini ternyata bisa dimanfaatkan bagi masyarakat yang ingin merintis usaha secara online. Ada berbagai fitur yang bisa digunakan untuk terhubung dengan pelanggan dan mendorong peningkatan penjualan.

Berikut lima tips yang dibagikan WhatsApp Indonesia untuk meningkatkan penjualan selama Ramadhan melalui aplikasi WhatsApp Business:

Baca juga: 5 Fakta Seputar Larangan Bisnis Pakaian Bekas Impor

1. Tampilkan profil bisnis dan jam kerja selama Ramadhan

Lewat akun WhatsApp bisnis, kamu bisa menuliskan profil bisnis dan berbagai informasi mengenai usahamu, termasuk mengenai jam kerja selama bulan Ramadhan. Pastikan para pelanggan bisa tahu pada jam berapa 'toko online' kamu buka di saat Ramadhan.

Kamu juga bisa memanfaatkan WhatsApp bisnis untuk mengirim pesan kepada pelanggan ketika kamu ternyata sedang tidak bisa dihubungi atau sedang menjalankan ibadah, seperti shalat subuh atau maghrib.

2. Tampilkan promo dan produk edisi Ramadhan pada katalog

Kamu bisa memanfaatkan fitur katalog dalam WhatsApp bisnis untuk menjajakan jualan dan beragam promo khusus bulan Ramadhan. Dengan demikian akan membuat pelanggan tertarik, serta menjadi lebih mudah memilih produk yang mereka ingin beli.

Baca juga: Bertemu Asosiasi Bisnis India, Zulkifli Hasan: Semoga Interaksi Bisnis Bisa Meningkat


Kamu juga bisa meningkatkan pengalaman interaktif pelanggan di WhatsApp bisnis. Seperti dengan mengirim pesan yang dipersonalisasi guna menciptakan koneksi dan meningkatkan relevansi pesan dengan pelanggan.

Selain itu, bisa dengan mengarahkan pelanggan untuk menggunakan tombol seperti balasan cepat, list, call to action, serta dengan menggunakan fitur pesan produk pada keranjang untuk memudahkan pelanggan memilih.

3. Gaet pelanggan baru dengan membagikan kode QR

Menambah jumlah pelanggan tentu menjadi hal penting bagi usaha kecil. Nah, kamu bisa memanfaatkan fitur kode QR akun WhatsApp bisnis kamu untuk dibagikan pada etalase toko offline, situs web, hingga kemasan produk.

Nantinya, calon pelanggan cukup memindai kode QR tersebut dan terhubung langsung ke akun WhatsApp bisnis kamu untuk melakukan pemesanan. Ini adalah salah satu strategi pemasaran untuk menggaet pelanggan baru.

Kode QR akun WhatsApp bisnis kamu dapat ditemukan melalui pilihan Alat Bisnis ? Pintasan. Kamu juga bisa dengan mudah berbagi kode QR dengan orang lain melalui aplikasi WhatsApp itu sendiri.

Baca juga: Peluang Inovasi Bisnis Ritel

4. Hubungkan media sosial toko ke WhatsApp

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com