Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Memperbaiki Keuangan supaya Lebih Sehat

Kompas.com - 20/03/2023, 12:43 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Memiliki kondisi keuangan yang sehat merupakan keinginan semua orang, termasuk kamu tentunya. Namun, adanya kebutuhan yang tidak terduga, atau kurang baiknya dalam mengelola manajemen keuangan membuat kondisi finansial seseorang justru makin terpuruk.

Nah, menurut Brent Weiss, salah satu pendiri Facet, perusahaan perencanaan keuangan di AS, agar kondisi keuangan bisa lebih baik, bahkan bisa sampai ke tingkat keamanan finansial jangka panjang, kamu setidaknya harus mempunyai dua hingga tiga tujuan kecil terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa melihat kemajuan pada 6 hingga 12 bulan ke depan.

“Yang paling penting adalah tetap sederhana. Yang paling banyak kita kerjakan adalah tiga hal, di mana pola kehidupan terjadi. Ini bukan tentang mengubah hidup tetapi mengubah beberapa hal untuk meningkatkan kesehatan finansial kamu,” kata Weiss.

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan Pribadi Mudah untuk Pemula

Dilansir dari CNN, setidaknya ada 5 cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki situasi keuangan kamu. Apa saja? Simak di bawah ini ya.

1. Gambarkan pola keuangan saat ini

Sebelum memutuskan dua atau tiga tujuan spesifik kamu, Weiss menyarankan untuk mendapatkan gambaran singkat tentang posisi keuangan kamu saat ini.

Ada beberapa pertanyaan yang mungkin berkaitan. Misalnya, berapa banyak uang yang kamu hasilkan setiap bulan? Berapa banyak yang kamu habiskan untuk membayar hal yang rutin? Berapa banyak yang kamu tabung saat ini dan berapa banyak yang Anda belanjakan? Berapa nilai aset kamu? Dan apakah kamu punya utang?

"Setelah selesai melakukannya, lihat lebih dalam pola pengeluaran kamu. Uraikan ke mana uang kamu pergi secara khusus dan buat kolom "kebutuhan" dan kolom "keinginan"," kata Rose Niang, direktur perencanaan keuangan di Edelman Financial Engines.

Jadi, misalnya, membayar sewa atau cicilan rumah adalah kebutuhan yang pasti. Sedangkan nongkrong di tempat ngopi merupakan keinginan.

Intinya sebut Niang, bukan untuk merampas keinginan kamu, tetapi untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang uang apa yang tersedia untuk digunakan ke hal lain yang lebih penting.

2. Lakukan perubahan 1 persen

Lakukan perubahan meski hanya sedikit. Misalnya menabung lah meski hanya sedikit. Mulailah dari yang kecil jika memang dana yang dimiliki terbatas.

Bahkan peningkatan satu atau dua persen setahun dapat membuat perbedaan nyata dari waktu ke waktu. Apakah tujuan kamu adalah meningkatkan tabungan untuk masa pensiun, biaya kuliah, keadaan darurat, uang muka rumah, atau daftar keinginan lainnya.

“Kamu akan terkejut, kaerna kamu tidak menyadarinya,” kata Niang.

3. Bayar utang berbunga tinggi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com