Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wamen LH: Pengolahan Limbah Indonesia Tidak Kalah dengan Negara Maju

Kompas.com - 01/06/2023, 20:14 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Alue Dohong menyatakan, saat ini Indonesia sudah memiliki fasilitas pengolahan limbah dengan teknologi yang tidak kalah dengan negara maju.

Hal itu dia sampaikan usai melakukan kunjungan kerja ke perusahaan pengolah limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3) PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) di Bogor.

Fasiltas pengolahan limbah yang berdiri di atas lahan seluas 64 hektar tersebut memiliki berbagai fasilitas yang dimiliki negara maju, mulai dari laboratorium, fasilitas pengolahan senyawa organik PCBS, hingga incinerator dan landfill yang besar.

Baca juga: Pembangkit Biogas Ujung Batu di Riau Resmi Beroperasi, Ubah Limbah Sawit Jadi EBT

"PPLI memiliki fasilitas dan teknologi yang maju. Sangat profesional dan taat aturan," kata dia, dalam keterangannya, Kamis (1/6/2023).

"Indonesia tidak kalah dalam teknologi pengolahan limbahnya. Teknologi dan fasilitasnya yang ada di PPLI setara dengan pengolahan limbah di negara-negara maju," tambah Alue.

Dengan teknologi yang mumpuni, Alue mengatakan, pengolahan limbah dapat membantu perputaran roda perekonomian nasional, khususnya berkaitan dengan ekonomi sirkular.

"Ini sangat mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, manajemen PPLI menyatakan, fasilitas pengolahan limbah perusahaannya sudah terintegrasi, mulai dari proses pengujian, pengemasan, pengangkutan, pengolahan hingga penimbunan.

Presiden Direktur PPLI Yoshiaki Chida menyebutkan, sister company PPLI, yakni Dowa Eco System Indonesia atau DESI, yang berbasis di Lamongan, Jawa Timur, siap menampung dan mengolah limbah dari Timur Indonesia.

"Di atas lahan seluas 60 hektar, DESI yang merupakan sister company PPLI di Lamongan Jawa Timur juga telah beroperasi dan siap menampung limbah dari wilayah timur Indonesia," ucapnya.

Baca juga: Luhut Rayu Pemerintah China Investasi di Sektor Pengolahan Nikel hingga Bandara di RI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com