Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update CPNS dan PPPK 2023, 1.853.617 Pelamar Lolos Administrasi

Kompas.com - 09/11/2023, 20:32 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com -Tercatat sebanyak 1.853.617 pelamar calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2023, yang terdiri dari 725.589 pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan 1.128.028 pelamar pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), dinyatakan memenuhi syarat administrasi dan berhak mengikuti tahapan selanjutnya.

Pelamar CPNS yang lolos seleksi administrasi bisa mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD), sedangkah pelamar PPPK yang memenuhi syarat administrasi berhak mengikuti seleksi kompetensi.

Perlu diketahui, tes SKD CPNS bagi pelamar yang lolos seleksi administrasi sudah dimulai per hari ini, Kamis 9 November 2023, di mana seleksi kompetensi bagi pelamar PPPK yang lolos administrasi akan dimulai Jumat, 10 November 2023.

Baik SKD CPNS maupun seleksi kompetensi PPPK akan dilaksanakan menggunakan sistem berbasis komputer atau computer assisted test.

Baca juga: 2 Cara Cek Lokasi Ujian SKD CPNS 2023

Titik lokasi SKD CPNS dan seleksi kompetensi PPPK 2023

Dilansir dari informasi resmi, tes SKD CPNS dan seleksi kompetensi PPPK terlaksana di 304 titik lokasi dalam negeri dan 62 titik lokasi luar negeri.

Sesuai jadwal yang ditetapkan Panselnas, pelaksanaan SKD bagi pelamar CPNS dijadwalkan akan berlangsung hingga 18 November 2023.

Sementara untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi bagi pelamar PPPK akan berlangsung hingga 04 Desember 2023 mendatang.

Baca juga: Cara Cek Lokasi Ujian SKD CPNS 2023

Pelaksanaan ujian dengan metode CAT memungkinkan publik dapat melihat secara langsung perolehan nilai atau skor saat mengerjakan ujian selama pelaksanaan SKD dan seleksi kompetensi.

Munculnya nilai secara real-time sebagai bentuk keterbukaan informasi publik yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Masyarakat dapat melihat nilai peserta yang sedang mengikuti ujian SKD maupun seleksi kompetensi secara langsung melalui laman Youtube Official CAT BKN.

Baca juga: Daftar Link Cek Jadwal dan Lokasi Ujian SKD CPNS 2023 di Kementerian/Lembaga

Keamanan seleksi

Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto selaku Wakil Ketua Pengarah Panselnas CASN 2023 memastikan aspek keamanan demi kenyamanan seluruh peserta seleksi.

“BKN bersama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) berkolaborasi untuk mengawal keamanan pelaksanaan seleksi, khususnya dari aspek teknologi informasi. Selain itu, sebagai antisipasi terhadap oknum atau isu yang tidak diinginkan, BKN juga sudah meningkatkan seluruh aspek keamanannya,” ujar Haryomo.

Pelamar seleksi agar tidak pernah berkompromi terelbih bertransaksi dengan oknum yang mengklaim bisa meluluskan pelamar tanpa tahapan seleksi.

“Budaya buruk seperti ini dapat dicegah mulai dari masing-masing pelamar,” papar dia.

Sebagai tambahan informasi, bagi pelamar CPNS yang sudah mengikuti SKD dan pelamar PPPK yang sudah mengikuti seleksi kompetensi dapat mengunduh sertifikatnya melalui https://sertificat.bkn.go.id/.

Baca juga: Ketahui, Ini Sistem Penilaian SKD CPNS 2023

Baca juga: Pahami, Ini Rincian Passing Grade SKD CPNS 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com