Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Mata Uang Argentina dan Nilai Tukar ke Rupiah

Kompas.com - 21/04/2024, 20:06 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Mata uang Argentina adalah peso. Nah yang unik, simbol peso Argentina ini adalah $ atau sama dengan dollar AS.

Simbol $ inilah yang terkadang membingungkan bagi orang asing yang datang ke negara ini. Banyak orang luar yang beranggapan kalau harga-harga barang yang dijual di Argentina menggunakan dollar AS.

Meski demikian, di beberapa lokasi terutama di tempat-tempat wisata, terutama hotel dan restoran, dollar AS juga sangat lazim digunakan untuk melakukan transaksi.

Sehingga untuk membedakannya dengan dollar AS, dalam simbolnya biasanya ditambahkan $a.

Sementara kode internasional mata uang Argentina adalah ARS. Dengan kurs saat ini, 1 peso Argentina setara dengan 0,0012 dollar AS. 

Baca juga: Daftar 11 Mata Uang Negara ASEAN, Nilai Tukar, dan Gambarnya

Sementara untuk konversi mata uang argentina ke rupiah, setiap 1 peso Argentina nilainya sama dengan sekitar Rp 18. Uang ini diedarkan oleh bank sentral Banco Central de la República Argentina.

Mengenal mata uang Argentina

Mengutip laman Investopedia, ketika diperkenalkan pada tahun 1983, ARP menggantikan peso ley (peso lama) sebelumnya dengan nilai tukar 1 ARP per 10.000 peso ley.

ARP dibagi menjadi 100 subunit (sen) yang disebut centavos. Koinnya memiliki pecahan 1, 5, 10, dan 50 peso.

Setelah diperkenalkan pada tahun 1983, ARP memiliki uang kertas dalam satuan satu, lima, 10, 50, dan 100 peso. Namun, pada tahun 1984, diperkenalkan uang kertas tambahan dengan nilai 500 dan 5.000 peso.

Pada tahun 1985, uang kertas tambahan 10.000 peso dibuat sebagai mata uang negara Argentina.

Baca juga: Mengenal Mata Uang Pakistan dan Nilai Tukarnya

Argentine peso hanya bertahan hingga tahun 1985, ketika digantikan oleh Argentina austral (ARA). Namun pada tahun 1992, pemerintah mengganti mata uang austral dengan mata uang nasional Argentina saat ini, peso Nuevo Argentina (ARS).

Mata uang Argentina adalah peso.Situs resmi Banco Central de la República Argentina. Mata uang Argentina adalah peso.

Sejarah mata uang negara Argentina

Mata uang Argentina pernah mengalami sejarah yang bergejolak, ditandai dengan periode devaluasi ekstrim dan hiperinflasi yang tak terkendali.

Hal ini menyebabkan negara ini melakukan serangkaian reformasi mata uang sepanjang sejarah Argentina, seiring dengan upaya pemerintah berturut-turut untuk menjaga daya beli masyarakat.

Secara historis, pada mulanya mata uang Argentina terdiri dari koin emas dan perak Spanyol, yang beredar pada masa pemerintahan kolonial sepanjang tahun 1700-an.

Koin-koin ini terus digunakan di Argentina dan negara-negara tetangga hingga akhir tahun 1800-an.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com