Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Daftar 10 "Smart City" Teratas di Dunia

Kompas.com - 22/04/2024, 18:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Kota Cerdas 2024 melaporkan, kota-kota cerdas atau smat city di Eropa dan Asia semakin meningkat secara global. Di sisi lain, kota di Amerika Utara mengalami penurunan peringkat.

Dari total 10 kota cerdas (smart city) urutan teratas, tujuh di antaranya berada di Eropa.

Indeks tahun ini dihasilkan oleh Smart City Observatory milik IMD World Competitiveness Center yang bekerja sama dengan World Smart Sustainable Cities Organization (WeGO) yang berbasis di Seoul, Korea Selatan.

Laporan tersebut memeringkat 142 kota pintar di seluruh dunia berdasarkan data yang dianalisis oleh para peneliti, serta tanggapan survei terhadap 120 penduduk di setiap kota.

Baca juga: Jokowi Ajak Apple Buka Pabrik di RI hingga Kembangkan Smart City di IKN

Studi ini memberikan gambaran tentang bagaimana infrastruktur dan teknologi yang tersedia di suatu kota berdampak pada kinerja kota dan kualitas hidup penduduknya.

Kota pintar didefinisikan sebagai suatu lingkungan perkotaan yang menerapkan teknologi untuk meningkatkan manfaat dan mengurangi kekuarangan urbanisasi bagi warganya.

Kota-kota yang memiliki kinerja baik dalam daftar tersebut juga telah mengembangkan inisiatif yang memenuhi kualitas hidup warganya secara keseluruhan.

“Inisiatif-inisiatif tersebut misalnya berfokus pada pengembangan ruang hijau dan memperluas peluang untuk acara budaya dan ikatan sosial,” tulis laporan tersebut dikutip dari CNBC, Senin (22/4/2024).

Baca juga: Telkom dan NEC Kerja Sama Kembangkan Smart City di IKN

Untuk pertama kalinya sejak indeks ini diluncurkan pada 2019, tidak ada kota di Amerika Utara yang masuk dalam 20 besar.

Sejumlah kota besar di Amerika Serikat (AS) seperti Washington DC, Denver, Los Angeles, San Francisco, New York, dan Chicago mengalami penurunan nilai.

Di sisi lain, beberapa kota pintar di Asia mulai menunjukkan perbaikan peringkat dan berada di daftar 20 besar. Beberapa kota pintar Asia yang masuk dalam daftar ini seperti Singapura, Beijing, Kota Taipe, Seoul, dan Shanghai.

Baca juga: Microsoft Ikut Terlibat Bangun Smart City IKN Nusantara

Berikut adalah 10 kota pintar teratas menurut Indeks Kota Cerdas 2024.

1. Zürich, Swiss

2. Oslo, Norwegia

3. Canberra, Australia

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com