Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendag Mulai Lakukan Evaluasi Rencana Kenaikan Harga MinyaKita

Kompas.com - 22/04/2024, 18:40 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Bahan Pokok dan Barang Penting Kementerian Perdagangan (Kemendag) Bambang Wisnubroto mengatakan, pihaknya akan melakukan penyesuaian terhadap harga eceran tertinggi (HET) MinyaKita.

Ia mengatakan, kenaikan HET MinyaKita ini perlu dilakukan mengingat sudah 2 tahun belum mengalami perubahan.

"Kami juga dalam waktu beberapa saat lagi setelah Lebaran akan melakukan evaluasi terkait dengan besaran daripada HET (MinyaKita) karena sudah kurang lebih 2 tahun tidak ada perubahan," kata Bambang dalam Rapat Koordinasi Inflasi Daerah Kementerian Dalam Negeri secara virtual, Senin (22/4/2024).

Baca juga: HET Minyakita Tak Jadi Naik Sekarang, Harga Dievaluasi Usai Lebaran

Bambang mengatakan, penyesuaian HET MinyaKita diharapkan dapat meningkatkan ketertarikan pengusaha melakukan Domestic Market Obligation (DMO) terhadap minyak kelapa sawit.

"Diharapkan nanti akan meningkatkan etertarikan pengusaha dalam melakukan DMO dengan adanya perubahan dari HET yang saat ini masih di harga Rp 14.000 per liter," ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan berencana akan menaikan harga Minyakita yang sebelumnya dibanderol Rp 14.000 per liter menjadi Rp 15.000 per liter.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengungkapkan, rencana kenaikan harga Minyakita itu dilalukan seiring tingginya inflasi di Indonesia.

“Yah memang Rp 14.000 per liter mestinya, tapi mengikuti perkembangan inflasi,” ujarnya saat meninjau harga dan stok bahan pokok di Pasar Senen, Kamis (30/11/2023).

Mendag Zulhas menuturkan rencana itu memang masih belum diputuskan dan masih harus dibahas dalam rapat koordinasi Nasional alias Nasional di Kemneterian Koordinator Bidang Perekonomian.

“Masih harus rapat Menko dulu untuk jadi Rp 15.000 per liter . Jadi sementara Rp 14.000, kita toleransi Rp 14.500,” ungkap Mendag Zulhas.

Baca juga: Harga Minyak Goreng Minyakita Berpotensi Naik Jadi Rp 15.000 Per Liter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com