Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RUPST MPXL Sepakati Pembagian Dividen dan Tambah Komisaris

Kompas.com - 24/04/2024, 10:40 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MPX Logistics International Tbk (MPXL) telah menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), pada Selasa (23/4/2024) membahas sejumlah agenda.

Emiten jasa transportasi dan logistik tersebut memutuskan penggunaan laba bersih yang diraup sepanjang 2023 lalu, di antaranya untuk dibagi ke pemegang saham sebagai dividen.

Sesuai hasil keputusan RUPST, nilai dividen total yang dibagi adalah sebesar Rp 3 miliar. Dari angka itu, sebesar 2 miliar telah dibagikan sebagai dividen interim pada 17 November 2023.

Baca juga: Laba Bersih MPXL Tumbuh 56,8 Persen pada 2023, Ini Pendorongnya

Sejumlah emiten akan membagikan dividen setelah libur Lebaran 2024.

SHUTTERSTOCK/SHUTTERSTOCKPROFESSIONAL Sejumlah emiten akan membagikan dividen setelah libur Lebaran 2024.

Adapun sisa dari laba bersih konsollidasian pasca pembagian dividen dan cadangan umum, dicatat sebagai laba ditahan untuk membiayai modal kerja perseroan.

"Dividen yang akan dibagikan dalam bentuk dividen tunai kepada para pemegang saham yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham per 6 Mei 2024 ," ujar Direktur Utama MPXL, Wijaya Candera, dalam keterangan resmi, Rabu (24/4/2024).

Wijaya menjelaskan, pembagian dividen tunai ini merupakan komitmen perseroan untuk memberikan nilai tambah kepada para pemegang saham sebagai imbalan atas kepercayaan dan dukungan mereka terhadap MPXL.

"Pembagian dividen tersebut sudah mempertimbangkan keuntungan atau saldo laba positif tahun fiskal dan kewajiban perusahaan untuk mengalokasikan dana cadangan sesuai dengan aturan yang berlaku dan kondisi keuangan. Tingkat pertumbuhan bisnis ke depan juga menjadi pertimbangan dalam pembagian dividen," tutur Wijaya.

Baca juga: MPXL Bidik Pertumbuhan Kinerja di Awal 2024, Dukung Pembangunan IKN

RUPST juga menyetujui pengangkatan Budi Chandra yang merupakan Direktur PT BOLDE Indonesia yang merupakan pemegang saham perseroan sebagai komisaris untuk melengkapi jajaran komisaris yang ada.

Berikut susunan dewan komisaris terbaru MPXL.

  • Presiden Komisaris : Ye Hun Ki
  • Komisaris : Budi Chandra
  • Komisaris Independen : Katherine Judy

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com