Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Kunjungan ke Indonesia, Tim Bola Voli Red Sparks Eksplor Jakarta bersama Bank DKI dan JXB

Kompas.com - 24/04/2024, 15:07 WIB
Ikhsan Fatkhurrohman Dahlan,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Tim bola voli asal Korea Selatan, Red Sparks, berkeliling menikmati ragam keindahan budaya Jakarta dan mengunjungi lokasi wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (21/4/2024).

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan Tim Red Sparks ke Indonesia yang diinisiasi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia (RI).

Sebelumnya, tim yang sempat dibintangi oleh atlet bola voli putri Indonesia Megawati Hangestri Putri tersebut melaksanakan sesi pertandingan eksibisi dengan Tim Indonesia All Stars, Sabtu (20/4/2024).

Agenda kunjungan tersebut juga merupakan hasil kolaborasi dari Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) Kemenpora RI, Bank Pembangunan Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta (Bank DKI), Jakarta Experience Board (JXB), TMII, PT Penjaminan Kredit Daerah Jakarta (Jamkrida Jakarta), dan Transjakarta.

Baca juga: Hadapi Tantangan Bisnis, Bank DKI Terus Kembangkan Produk Digital

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur LPDUK Kemenpora RI Ferdinand Kamariki Tangkudung mengatakan, kegiatan itu menjadi kesempatan terakhir sebelum skuad asuhan Ko He jin tersebut pulang ke negara asalnya pada Minggu malam.

"Iya, tadi kami antar Red Sparks city tour sekaligus makan malam di TMII," kata Ferdinand melalui keterangan persnya, Selasa (24/4/2024).

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama (Dirut) Bank DKI Amirul Wicaksono menyambut baik kunjungan Tim Red Sparks dengan merasakan pengalaman berwisata di Kota Jakarta.

“Pengalaman Red Sparks menjelajahi Kota Jakarta dan TMII tentunya diharapkan dapat memberi implikasi positif terhadap peningkatan pariwisata di Kota Jakarta,” ujar Amirul.

Baca juga: Jadi BUMD Penyumbang Dividen Terbesar, Bank DKI Diapresiasi Pemprov Jakarta

“Hal ini menjadi peluang bagi Bank DKI untuk memperkenalkan kembali produk yang relevan dengan pariwisata, Jakarta Tourist Pass yang memberikan kemudahan akses bagi para turis untuk menikmati berbagai wisata di Jakarta,” sambungnya.

Adapun kunjungan rombongan Tim Red Sparks di TMII diisi dengan berbagai kegiatan, di antaranya menyaksikan pertunjukan tari kecak, menjelajahi kekayaan budaya Indonesia di miniatur wilayah Sabang sampai Merauke dengan menggunakan bus listrik, serta makan malam dengan menu khas Indonesia nasi goreng dan sate ayam.

“Ke depannya, melalui Jakarta Tourist Pass, Bank DKI berharap dapat meningkatkan daya tarik Jakarta sebagai destinasi wisata yang menyenangkan bagi wisatawan domestik dan mancanegara,” tutur Amirul.

Solusi berwisata di Kota Jakarta

Mengenai Jakarta Tourist Pass, Amirul menjelaskan, produk tersebut merupakan kolaborasi antara Bank DKI bersama Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta berupa solusi digital berbasis aplikasi (JakOne Pay Bank DKI) dan kartu elektronik (JakCard).

Baca juga: HUT Ke-63, Bank DKI Sebut Bakal Terus Dukung Pembangunan Jakarta

Jakarta Tourist Pass berguna untuk mempermudah para wisatawan dalam mengakses destinasi populer, transportasi, dan layanan pariwisata lainnya di Jakarta.

Di samping itu, Jakarta Tourist Pass hadir dengan sejumlah fitur, di antaranya fitur Maps yang menyajikan daftar lokasi destinasi wisata, fitur Event yang berisikan informasi lokasi, waktu, serta harga tiket destinasi wisata di Jakarta, transaksi pembayaran melalui metode scan to pay, hingga update balance dan top-up JakCard.

Adapun JakCard Bank DKI dapat digunakan untuk kebutuhan pembayaran tiket transportasi terintegrasi di Jakarta, seperti Transjakarta, KRL Commuter Line, MRT Jakarta, LRT Jakarta, LRT Jabodebek, hingga JakLingko.

Pembelian JakCard dapat dilakukan melalui e-commerce Tokopedia, sejumlah loket pembelian di beberapa tempat wisata di Jakarta, seperti Monas, Taman Margasatwa Ragunan, dan di seluruh Kantor Cabang Bank DKI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com