Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringati Hari Konsumen Nasional, Mendag Ingatkan Pengusaha Jangan Curang jika Mau Maju

Kompas.com - 24/04/2024, 15:20 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memperingatkan para pengusaha untuk tidak melakukan kecurangan kepada konsumen jika ingin usahanya semakin maju.

Hal ini diungkapkan Mendag saat membuka acara Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2024 di Kantor Pusat Kementerian Perdagangan (Kemendag), Rabu (24/4/2024).

"Secara teori sebetulnya para pengusaha kalau curang itu ya enggak maju. Kalau semakin bagus, produksi semakin berkualitas, semain bagus pelayanannya, makin tinggi kepuasan konsumen maka usahnya semakin maju," ujarnya.

Baca juga: Harga Makanan Global Diperkirakan Turun, Konsumen Bakal Lega

Ilustrasi belanja di supermarket atau pasar swalayan.SHUTTERSTOCK/STOKKETE Ilustrasi belanja di supermarket atau pasar swalayan.
Menurutnya, tindak kecurangan yang dilakukan pengusaha kepada konsumen dapat membuat konsumen kapok dan pergi sehingga dapat mematikan usaha tersebut.

Dia mencontohkan kecurangan yang dilakukan para pengusaha seperti mengurangi volume bensin yang seharusnya 30 liter menjadi hanya 25 liter, menggunakan timbangan yang tidak sesuai standar, hingga menggunakan bahan bangunan yang tidak memenuhi standar.

"Itu akan memberikan citra buruk, pengusaha saya berharap berlomba memberikan pelyanan produk sesuai standar sehingga akan melanggengkan usahnya, memajukan usahanya," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Moga Simatupang menyampaikan, konsumen yang cerdas dapat berperan aktif dalam menciptakan pasar yang adil, transparan, dan berkelanjutan.

Baca juga: Optimisme Konsumen ke Ekonomi Indonesia Menguat

Konsumen perlu meluangkan waktu mempelajari tentang produk, layanan, dan tempat berbelanja.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com