Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbang ke Jepang, Menhub Bahas MRT Jakarta hingga Pelabuhan Patimban

Kompas.com - 24/04/2024, 18:46 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terbang ke Jepang untuk melobi pemerintah dan swasta di sana agar ikut serta dalam proyek transportasi di Indonesia.

Kunjungan kerja Menhub di Tokyo, Jepang ini dilakukan selama 24 dan 25 April 2024. Dalam kunjungan ini, Menhub akan menemui sejumlah pihak mulai dari Menteri Transportasi Jepang hingga beberapa CEO yang berkecimpung di sektor transportasi untuk membahas kerja sama di bidang transportasi antar kedua negara.

"Sejumlah isu yang akan dibahas antara lain terkait proyek-proyek infrastruktur di tanah air, seperti Pelabuhan Patimban, MRT Jakarta, dan TOD (Transit Oriented Development)," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (24/4/2024).

Baca juga: Jepang Garap Sistem Rel MRT Bundaran HI-Kota

Menhub menjelaskan, porsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Indonesia untuk sektor transportasi sangat terbatas. Oleh karenanya, dibutuhkan peran serta pihak swasta untuk menunjang proyek-proyek pembangunan infrastruktur transportasi di Indonesia.

"Insya Allah, semoga pertemuan-pertemuan yang dilakukan ini dapat memberikan arti yang baik bagi kemajuan bangsa Indonesia," ucapnya.

Pada hari pertama, Menhub akan melakukan pertemuan dengan Special Advisor to the Prime Minister of Japan Masafumi Mori; Minister of Land, Infrastructure, Transport and Tourism Japan, Tetsuo Saito; Chairman of the Japan Transport and Tourism Research Institute (JTTRI) and Chairman of International High-Speed Rail Association (IHR) Shukuri Masafumi, dan Toyota Tsusho Corporation yang diwakili oleh Kosuke Kunihiro selaku Division CEO of Green Infrastructure Division.

Pada pertemuan-pertemuan ini, akan ditegaskan kembali komitmen Indonesia dan Jepang untuk meningkatkan kerja sama di bidang transportasi, serta kelanjutan atas kerja sama yang telah berjalan.

Kemudian pada hari kedua, Menhub akan hadir dan menyampaikan keynote speech dalam acara TOD Investment Forum 2024 di KBRI Tokyo, kemudian dilanjutkan pertemuan dengan Assistant Vice-Minister for International Aviation MLIT Japan Yamakoshi Toshihiro beserta perwakilan perusahaan Jepang di bidang bandar udara.

Kunjungan kerja Menhub di Tokyo, Jepang, akan ditutup dengan pertemuan dengan pihak Japan International Cooperation Agency (JICA) dengan Senior Vice President of JICA Hataeda Mikio yang membahas beberapa hal terkait kerja sama di bidang transportasi.

Baca juga: Menhub Targetkan Pembangunan Jalur Kereta Simpang Joglo Selesai September 2024

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com