Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 7 Mata Uang Eropa dengan Nilai Tukar Terkuat

Kompas.com - 25/04/2024, 06:06 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Eropa adalah benua dengan 27 negara di dalamnya. Nah karena terdiri dari banyaknya negara, mata uang Eropa cukup beragam.

Jumlah mata uang di Eropa kemudian menyusut drastis di tahun 2002, saat negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa (UE) atau European Union (EU) memperkenalkan mata uang tunggal yakni euro.

Euro sebagai mata uang Uni Eropa ini kemudian dipakai di seluruh negara-negara anggota UE yang terdiri dari 27 negara meliputi Austria, Belanda, Belgia, Bulgaria, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, dan Jerman.

Berikutnya Perancis, Hongaria, Irlandia, Italia, Kroasia, Latvia, Lituania, Luksemburg, Malta, Polandia, Portugal, Rumania, Siprus, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, dan Yunani.

Baca juga: Mata Uang Spanyol Sebelum dan Setelah Gabung Uni Eropa

Bisa dibilang, seringkali banyak anggapan mata uang Eropa adalah euro. Namun sejatinya, banyak negara di Benua Biru ini tidak semuanya bergabung dengan UE.

Ada banyak mata uang negara Eropa. Selain itu, ada pula beberapa negara Uni Eropa yang masih menggunakan mata uangnya sendiri.

Daftar mata uang Eropa terkuat

Nah berikut ini deretan 7 mata uang di Eropa dari yang terkuat hingga terlemah dari sisi nilai tukarnya:

1. Pound sterling (GBP)

Mata uang di Eropa yang paling kuat nilai tukarnya adalah pond sterling Inggris. Mata uang ini juga banyak dipakai di negara-negara bekas koloni Inggris seperti Gibraltar, Falkland, dan Guernsey.

Mengutip Investopedia, pound sterling juga biasa disebut dengan uang Puounds saja atau GBP (Great British Pound).

Pound sterling juga merupakan salah satu mata uang di Eropa yang paling banyak diperdagangkan di pasar valuta asing global selain dollar AS.

Baca juga: Mengenal Mata Uang Argentina dan Nilai Tukar ke Rupiah

Saat ini per April 2024, untuk konversi mata uang Inggris ke Rupiah adalah Rp 20.046. Artinya, setiap 1 uang pound, setara dengan Rp 20.046.

Sementara bila dikonversikan ke dollar AS, setiap 1 uang pound Inggris setara dengan 1,2 dollar AS.

Mata uang di Eropa paling kuat adalah pound sterling.Situs Bank of England Mata uang di Eropa paling kuat adalah pound sterling.

2. Pound Gibraltar (GIP)

Pound Gibraltar adalah mata uang Eropa tertinggi kedua di benua tersebut, sekaligus yang tertinggi nilai tukarnya keenam di dunia.

Dengan 1 pound Gibraltar setara dengan 1,28 dollar AS (1 dollar AS sama dengan 0,78 pound Gibraltar). Gibraltar terletak di ujung selatan Spanyol dan secara resmi merupakan wilayah Inggris.

Pound Gibraltar pertama kali diperkenalkan pada tahun 1920-an dan dipatok ke pound Inggris (setara, artinya satu GIP sama dengan satu GBP).

Mata uang Eropa nilainya terkuat kedua adalah milik Gibraltar.Situs Government of Gibraltar Mata uang Eropa nilainya terkuat kedua adalah milik Gibraltar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com