Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendag Resmi Keluarkan Bahan Bahan Baku Tepung Terigu dari Lartas

Kompas.com - 30/04/2024, 11:26 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan resmi mengeluarkan bahan baku tepung terigu atau Fortificant Premixes dari larang terbatas (Lartas) yang masuk dalam Permendag 36 Tahun 2023 Tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor.

Hal itu menyusul sudah diterbitkannya Permendag Nomor 7 Tahun 2024 yang merupakan hasil revisi dari Permendag 36 Tahun 2023 Tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor.

“Kalau kemarin Permendag 36 Tahun 2023 Tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor ada tepung terigu sampai dilartaskan, nah itu sekarang enggak ada lagi, sudah tidak ada itu yang di permendag baru,” ujarnya usai mengunjungi Pasar Palmerah, Jakarta Pusat, Selasa (30/4/2024).

Baca juga: Pengusaha Sebut Pasokan Tepung Terigu Terancam Menyusut 50 Persen

Zulhas menyebutkan, aturan tersebut pun sudah resmi ditandatangi pada Senin (29/4/2024). Dengan begitu, aturan tersebut pun sudah mulai berlaku per hari ini.

“Ini sudah mulai berlaku (hari ini) sehingga tepung terigu yang sempat dilartaskan sudah tidak ada lagi kemudian bahan baku industri lainnya juga yang penting dari post bordir ke bordir sudah,” jelasnya.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan persetujuannya untuk mengeluarkan produk HS Code 2106.90.73 Fortificant Premixes atau bahan baku penolong tepung terigu dikeluarkan dari larang terbatas (Lartas) yang masuk dalam Permendag 36 Tahun 2023 Tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor.

Hal itu menyusul adanya permintaan dari Asosiasi Tepung Terigu Indonesia (Aptindo) yang meminta pemerintah merevisi Permendag 36 Tahun 2023 lantaran aturan yang ada dalam beleid itu membuat stok tepung terigu nasional terancam.

“Prinsipnya kami setuju dan kita tindak lanjuti usulan tersebut. Sehingga nantinya bahan baku penolong tepung terigu tak lagi masuk dalam lartas dan itu akan kami masukan dalam revisi Permendag 36 Tahun 2023,” kata Direktur Impor Kemendag Arif Sulistiyo di Jakarta, Rabu (17/4/2024). 

Baca juga: Kemendag Bakal Keluarkan Bahan Baku Penolong Tepung Terigu dari Lartas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com