Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Tiket Kereta Api "Go Show" Naik Mulai 1 Mei

Kompas.com - 02/05/2024, 11:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menaikkan harga tiket kereta untuk program tarif khusus atau tiket "go show" mulai 1 Mei 2024.

Sebagai informasi tiket go show adalah tiket kereta api yang dijual dengan tarif khusus sehingga harganya lebih murah dibanding harga tiket normal.

Biasanya tarif khusus ini diberlakukan ketika masih ada kursi yang belum terjual. Artinya, tidak semua kereta api dan relasi tersedia tiket go show.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, penyesuaian tarif khusus ini dilakukan setelah mempertimbangkan perkembangan kondisi dari berbagai sektor.

Meski demikian, dia memastikan kenaikan tarif tiket go show tetap mengutamakan pelayanan dan keselamatan penumpang.

"KAI menyediakan tiket tarif Khusus dengan harga yang terjangkau dalam rangka menarik minat masyarakat untuk menggunakan kereta api," ujarnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (2/5/2024).

Baca juga: Tiket Kereta Go Show adalah Apa? Ini Pengertian dan Cara Belinya

Adapun besaran kenaikan harga tiket go show yang berlaku mulai 1 Mei ini beragam tergantung pada kereta api dan relasinya.

Mengingat tarif khusus ini diberlakukan untuk mengoptimalisasi okupansi angkutan penumpang dengan memanfaatkan tempat duduk yang masih tersedia pada relasi tertentu.

Misalnya tiket go show pada KA Argo Bromo Anggrek relasi Pasar Senen/Jakarta Kota/Gambir-Cirebon/Cirebon Prujakan PP dari yang semula seharga Rp 215.000 menjadi Rp 250.000.

Contoh lainnya, pada KA Harina relasi Bandung-Cikampek PP kelas eksekutif semula harga tiket go show sebesar Rp 55.000 menjadi Rp 65.000 dan kelas ekonomi semula Rp 45.000 menjadi Rp 55.000.

Baca juga: Cara Beli Tiket Kereta Api Go Show 2024, Bisa lewat HP


Joni menjelaskan, tiket go show akan dijual mulai 2 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api di stasiun yang bersangkutan.

Selain di loket stasiun, pembelian tiket go show juga dapat dilayani di aplikasi Access by KAI, loket stasiun, dan website kai.id.

Sebagai catatan, tiket dengan tarif khusus ini tidak dapat direduksi kecuali penumpang anak usia di bawah 3 tahun.

"KAI berkomitmen untuk terus memberikan layanan perkeretaapian yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu bagi seluruh pelanggan," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com