BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan FWD Insurance

Punya Manfaat Ganda, Ini Cara Unit Link Menunjang Masa Depan Gen Z

Kompas.com - 02/05/2024, 19:09 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Generasi Z dikenal sebagai generasi yang memiliki tekad kuat untuk menjalani hidup sesuai passion.

Mereka juga dikenal sebagai generasi dengan pemikiran “out of the box” lantaran memiliki mimpi yang berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya. Sebut saja, traveling keliling dunia, membangun bisnis sendiri, atau menjadi digital nomad.

Meski memiliki tantangan yang berbeda, perjuangan gen Z untuk mewujudkan mimpi juga sama sulitnya dengan generasi-generasi lain. Ini lantaran mereka sama-sama perlu bekerja keras mencapai kemerdekaan finansial untuk mewujudkan impian hidup.

Oleh karena itu, mereka perlu memiliki literasi finansial yang mumpuni sebagai fondasi utama, termasuk soal investasi dan perlindungan asuransi.

Baca juga: Begini Cara Asuransi Masa Kini Jawab Kebutuhan Gen Z

Dengan melek investasi, gen Z dapat mengoptimalkan aset-aset yang dimiliki agar terus bertumbuh di masa depan. Sementara, asuransi berfungsi sebagai “payung” yang dapat melindungi mereka dari berbagai risiko, seperti gangguan kesehatan.

Salah satu produk finansial yang memadukan manfaat proteksi dan keuntungan investasi adalah unit link. Sebagai informasi, unit link merupakan produk asuransi yang menggabungkan manfaat proteksi dengan manfaat investasi.

Pada produk asuransi tersebut, sebagian premi yang dibayarkan pemegang polis dialokasikan untuk pembelian unit investasi sesuai profil risiko nasabah.

Lalu, bagaimana cara unit link mendukung gen Z dalam mengejar passion? Simak ulasan berikut ini.

1. Perlindungan asuransi

Seperti sudah dibahas sebelumnya, unit link memberikan manfaat proteksi sekaligus investasi. Meski punya manfaat investasi, produk utama unit link tetaplah produk asuransi.

Unit link memberikan perlindungan jiwa dan kesehatan yang komprehensif. Produk ini memberikan uang pertanggungan kepada tertanggung jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti meninggal dunia atau cacat tetap total.

Baca juga: Perkuat Inovasi Asuransi, FWD Insurance Gelar Hackathon SpringboardX Student Challenge

Dengan manfaat perlindungan jiwa, generasi Z dapat merasa lebih tenang dan aman karena terlindungi secara finansial.

Hal tersebut pun memberi mereka kebebasan untuk mengejar passion tanpa perlu khawatir.

2. Fleksibilitas premi dan alokasi investasi

Gen Z dapat memilih premi dan alokasi investasi sesuai dengan kebutuhan dan profil risiko mereka pada unit link. Mereka bisa memilih membayar premi secara bulanan, tahunan, atau bahkan dalam satu kali pembayaran.

Selain premi, generasi Z juga dapat memilih alokasi investasi mereka dalam berbagai jenis sesuai profil risiko dan tujuan keuangan, seperti deposito, obligasi, campuran, serta saham.

Misalnya, nasabah yang memiliki profil risiko konservatif dapat mengalokasikan investasi pada deposito atau obligasi. Sementara itu, nasabah yang memiliki profil risiko agresif dapat memilih instrumen saham.

Baca juga: Cara Beli Asuransi FWD Safe Life Protection di Traveloka

Selain itu, nasabah juga dapat mengubah alokasi investasi seiring berjalannya waktu. Sebagai contoh, nasabah yang sudah berinvestasi pada instrumen saham dapat beralih pada obligasi jika ingin menurunkan profil risiko.

3. Memiliki manfaat tambahan

Selain asuransi jiwa dan kesehatan, unit link juga dilengkapi dengan berbagai manfaat tambahan, seperti asuransi kecelakaan, asuransi penyakit kritis, serta asuransi rawat inap..

Asuransi kecelakaan memberikan santunan finansial jika pemegang polis mengalami kecelakaan yang mengakibatkan cacat permanen atau meninggal dunia. Manfaat ini dapat membantu meringankan beban finansial keluarga saat terjadi kejadian yang tidak terduga.

Selanjutnya, asuransi penyakit kritis. Asuransi ini memberikan santunan finansial jika pemegang polis didiagnosis dengan penyakit kritis yang terdaftar dalam polis. Manfaat ini membantu membiayai biaya pengobatan yang mahal dan menjaga stabilitas keuangan saat menghadapi penyakit serius.

Lalu, asuransi rawat inap memberikan santunan harian atau lump sum jika pemegang polis dirawat inap di rumah sakit akibat kecelakaan atau penyakit. Produk ini membebaskan pemegang polis dari kewajiban membayar premi jika mengalami cacat permanen total atau meninggal dunia akibat kecelakaan.

4. Mendukung mencapai kebebasan finansial

Unit link dapat membantu gen Z mencapai kebebasan finansial di masa depan lantaran pemilik polis dapat menikmati pertumbuhan nilai investasi untuk mencapai kebebasan finansial.

Mereka dapat menjual sebagian unit investasi mereka atau menarik sebagian dana untuk digunakan dalam memenuhi kebutuhan keuangan, seperti membuat usaha, persiapan pensiun, pendidikan anak, atau investasi jangka panjang lainnya.

Selain itu, beberapa perusahaan asuransi menyediakan komunitas dan platform online bagi pemegang polis unit link untuk saling bertukar informasi dan pengalaman.

Komunitas tersebut dapat menjadi sumber dukungan dan motivasi bagi Gen Z dalam mencapai tujuan keuangan mereka. Gen Z dapat belajar dari pengalaman dan strategi investasi orang lain, serta mendapatkan saran dan masukan dari para ahli.

Itulah cara unit link mendukung gen Z dalam mengejar passion. Salah satu produk unit link teranyar dari FWD yang bisa mewujudkan tujuan finansial gen Z adalah FWD Passion Link.

Sebagai informasi, FWD Passion Link merupakan produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI). Program ini memiliki tiga rencana perlindungan jiwa untuk tertanggung, yakni masa asuransi sampai dengan usia 60 tahun, 80 tahun, atau 100 tahun.

Produk unit link dari FWD itu memiliki tiga kelebihan. Pertama, ekstra uang pertanggungan. Keluarga tertanggung dapat memperoleh tambahan 100 persen uang pertanggungan atau hingga maksimal Rp 5 miliar apabila terjadi risiko meninggal akibat kecelakaan.

Kedua, bebas khawatir menentukan premi. Nasabah bisa menyesuaikan premi yang dibayar sesuai pilihan masa bayar dan masa perlindungan yang tersedia.

Ketiga, ekstra dana investasi. Kamu akan mendapatkan tambahan dana investasi berupa Bonus Loyalitas pada akhir tahun ke-8 dan ke-10 jika premi dibayarkan penuh.

Selain itu, FWD Passion Link memiliki berbagai asuransi tambahan (riders), seperti FWD Waiver of Premium Insured, Waiver of Premium Insured Plus, FWD Critical Illness Non Accelerated, FWD Hospital Surgical, FWD Advance Hospital Surgical.

FWD Waiver of Premium Insured merupakan asuransi tambahan yang memberikan pembebasan premi sampai berusia 65 tahun apabila nasabah terdiagnosis penyakit kritis atau cacat tetap total.

Selanjutnya, Waiver of Premium Insured Plus adalah asuransi tambahan yang memberikan manfaat pembebasan premi dasar dan premi top-up berkala sampai masa asuransi berakhir atau sampai berusia 65 tahun (mana yang lebih dulu terjadi) apabila nasabah terdiagnosis penyakit kritis atau cacat tetap total.

Kemudian, FWD Critical Illness Non Accelerated memberikan manfaat uang pertanggungan penyakit kritis apabila tertanggung utama, pasangan, dan buah hati terdiagnosis penyakit kritis sebelum berusia 80 tahun.

Adapun produk FWD Hospital Surgical memberikan manfaat penggantian biaya perawatan sesuai plan yang dipilih apabila tertanggung utama, pasangan, atau buah hati menjalani perawatan di rumah sakit sebelum masa asuransi berakhir atau tertanggung berusia 100 tahun (mana yang lebih dahulu terjadi).

Sementara itu, FWD Advance Hospital Surgical memberikan manfaat perawatan di rumah sakit untuk tertanggung utama dan tertanggung tambahan dengan perlindungan hingga usia 100 tahun dan manfaat santunan tunai harian jika menjalani perawatan di luar plan yang dipilih atau telah mendapatkan penggantian dari asuransi lain.

Peduli kesehatan mental

FWD Insurance memiliki nilai tambah lantaran memiliki kepedulian terhadap kesehatan mental. Seperti diketahui, kesehatan mental merupakan salah satu concern gen Z.

Berdasarkan survei FWD Group yang dipublikasikan melalui situs web FWD Group, sebanyak 65 persen orang di Asia percaya bahwa kesehatan mental menjadi salah satu hal penting pada tahun mendatang.

FWD Insurance memiliki layanan pemulihan fisik dan mental yang dapat memberikan nilai tambah, yakni Program Dukungan FWD Mind Strength.

Program Dukungan FWD Mind Strength merupakan program yang dirancang untuk membantu masyarakat meningkatkan kesehatan mental. Program ini dapat diikuti secara gratis dan tersedia untuk semua orang, baik nasabah FWD Insurance maupun masyarakat umum.

FWD Mind Strength memiliki program Penilaian Mind Strength. Program ini menawarkan penilaian mental yang divalidasi secara ilmiah untuk membantu masyarakat memahami kondisi mental saat ini. Setelah mendapatkan penilaian, masyarakat akan diarahkan ke sumber daya yang tepat untuk membantu memperkuat mental.

Selain itu, Program Dukungan FWD Mind Strength juga memiliki sesi Mind Guidance. Program ini menyediakan sesi bimbingan gratis secara tertutup dan rahasia dengan para ahli kesehatan mental melalui aplikasi. Masyarakat dapat berbicara dengan profesional kesehatan mental tentang masalah yang dihadapi dan mendapatkan bimbingan untuk mengatasinya.

Melalui perlindungan menyeluruh dan kemudahan layanan, FWD Insurance mendorong masyarakat, termasuk gen Z, untuk merayakan hidup atau celebrate living dengan penuh semangat.

Masyarakat dapat menikmati setiap momen, mengejar passion, dan menjalani hidup tanpa khawatir berkat perlindungan asuransi FWD Insurance.

FWD Insurance berupaya menghadirkan service excellence lewat kemudahan akses dan layanan dalam mewujudkan visi, yakni mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai produk dan layanan FWD Insurance, Anda dapat mengunjungi laman fwd.co.id.


Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com