Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Kunjungan Warga RI ke Singapura Meningkat Gara-gara Konser Taylor Swift

Kompas.com - 02/05/2024, 20:44 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Euforia konser Taylor Swift di Singapura mendorong jumlah kunjungan wisatawan nasional ke negara tersebut. Hal ini sebagaimana data yang dimiliki oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan, porsi kunjungan wisatawan nasional ke Singapura mencapai 119.000 perjalanan atau 17,29 persen total wisatawan nasional pada Maret lalu. Angka itu meningkat dari bulan sebelumnya yang mencapai 16,55 persen.

"Jika dibandingkan bulan sebelumnya, wisatawan nasional yang ke Singapura meningkat karena didorong oleh penyelenggaraan konser musik di Singapura," kata dia, dalam konferensi pers, di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Kamis (2/5/2024).

Baca juga: Iran-Israel Memanas, BPS: Keduanya Bukan Negara Mitra Dagang Utama Indonesia..

Sepanjang Maret lalu, sejumlah nama artis besar memang mengadakan konser di Singapura, mulai dari Taylor Swift, boyband asal Korea Selatan, SHINee, hingga band, Wave To Earth.

Taylor Swift bahkan mengadakan konser sebanyak 6 hari di Singapura. Negeri Singa menjadi satu-satunya negara tujuan konser Taylor Swift di Asia Tenggara.

Selain ke Singapura, jumlah kunjungan wisatawan nasional juga meningkat ke Arab Saudi. Tercatat porsi kunjungan wisatawan nasional ke Arab Saudi mencapai 117.000 perjalanan atau 16,99 persen pada Maret lalu, meningkat dari bulan sebelumnya 16,11 persen.

Amalia menyebutkan, kenaikan jumlah wisatawan nasional ke Arab Saudi utamanya dipicu oleh momen umrah saat periode Ramadhan.

Adapun total jumlah perjalanan wisatawan nasional mencapai 691.546 pada Maret lalu. Angka ini meningkat 4,85 persen dari bulan sebelumnya (month to month/mtm), atau meningkat 7,45 persen dari periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy).

Dengan perkembangan tersebut, total perjalanan wisatawan nasional pada kuartal pertama tahun ini mencapai 2,18 juta perjalanan. Angka ini meningkat 15,75 persen dari periode yang sama tahun lalu mencapai 1,88 juta perjalanan.

Baca juga: Ingin Gelar Konser Tandingan Taylor Swift, Indonesia Bakal Gandeng China hingga UEA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com