Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Cara Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Kompas.com - 06/05/2024, 22:21 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyiapkan dana pendidikan anak merupakan hal yang penting untuk dilakukan orang tua. Pasalnya, biaya pendidikan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. 

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2023, inflasi biaya pendidikan di Indonesia mencapai 2,38 persen. Kemudian, kenaikan rata-rata uang masuk sekolah dan universitas berkisar 10-15 persen per tahunnya.

Sebagai informasi saja, dana pendidikan anak adalah tabungan atau investasi keuangan yang dibuat oleh orang tua atau wali untuk membiayai pendidikan anak-anak mereka di masa depan.

Baca juga: HET Beras Bulog Naik, YLKI Khawatir Daya Beli Masyarakat Tergerus

Tujuan menyiapakan dana pendidikan anak adalah untuk memastikan bahwa ketika anak-anak mencapai usia untuk melanjutkan pendidikan tinggi, ada dana yang cukup untuk menutupi biaya pendidikan tersebut.

Dengan memulai menyisihkan dana sejak dini, orang tua dapat membantu memastikan bahwa anak-anak mereka memiliki akses ke pendidikan berkualitas tanpa beban keuangan yang terlalu besar.

Lalu, bagaimana cara menyiapkan dana pendidikan anak

Baca juga: KKP Terima 99.648 Ekor Benih Bening Lobster yang Disita TNI AL

Dilansir dari akun Instagram @ojkindonesia, Senin (6/5/2024), berikut adalah beberapa tips dan cara menyiapkan dana pendidikan anak yang bisa dicoba. 

1. Tentukan biaya pendidikan anak

Langkah pertama dalam menyiapkan dana pendidikan anak adalah menentukan biaya pendidikan anak sesuai dengan jenjang pendidikan anak mulai dari SD, SMP, hingga perguruan tinggi.

2. Buat target berapa uang yang harus ditabung setiap bulan

Setelah menentukan tujuan pendidikan anak dan memperkirakan biaya yang akan diperlukan, buatlah target berapa banyak uang yang bisa Anda alokasikan setiap bulan untuk dana pendidikan anak.

Baca juga: Soal Rencana Kenaikan Tarif KRL, Anggota DPR: Jangan Sampai Membuat Penumpang Beralih...

 

3. Sisihkan pendapatan untuk dana pendidikan anak secara konsisten

Anda dapat menyisihkan pendapatan setiap bulan untuk dana pendidikan anak. Disiplin dalam mengikuti anggaran sangat penting agar dana pendidikan anak bisa terwujud pada waktu yang telah ditetapkan.  

 

4. Gunakan produk keuangan untuk dana pendidikan anak

Untuk menyiapkan dana pendidikan anak, Anda bisa mempertimbangkan menggunakan produk keuangan untuk pendidikan.

Misalnya tabungan pendidikan, deposito, reksa dana, atau investasi lainnya. Pilihlah produk keuangan yang legalitasnya jelas dan Anda betul-betul memahami risikonya.

Baca juga: Pertumbuhan Ekonomi 5,11 Persen, Sri Mulyani: Indonesia Terus Tunjukan Daya Tahannya

Agar dana pendidikan anak terpenuhi, Anda bisa memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan yang telah terdaftar dan berizin di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Merencanakan dana pendidikan anak adalah penting karena biaya pendidikan terus meningkat dari tahun ke tahun.

Nah, itulah beberapa tips dan cara menyiapkan dana pendidikan anak yang bisa Anda praktekkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com