Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelepasan Lampion Waisak, InJourney Targetkan 50.000 Pengunjung di Candi Borobudur

Kompas.com - 08/05/2024, 15:40 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Holding BUMN sektor Aviasi dan Pariwisata, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney melalui sub-holding InJourney Destination Management (IDM) kembali menggelar acara Pelepasan Lampion dalam puncak Hari Tri Suci Waisak di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada 23 Mei 2024 mendatang.

Direktur Pemasaran & Program Pariwisata InJourney Maya Watono mengatakan, pelaksanaan rangkaian Waisak kali ini mengedepankan kesakralan, kekhusyukan dan kenikmatan dari berdoa bersama.

"Jadi memang kami juga mengharapkan pengunjung memang datang sebanyak-banyaknya ke Candi Borobudur, tapi juga mengikuti peraturan yang akan kami berikan untuk menjaga kekhusyukan di saat kita berdoa bersama," kata Maya dalam Konferensi Pers bertajuk "Waisak di Borobudur 2024" di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Rabu (8/5/2024).

Maya menargetkan sekitar 50.000 pengunjung akan berdatangan ke Candi Borobudur selama rangkaian Hari Tri Suci Waisak atau selama periode 14-23 Mei 2024.

Baca juga: Luhut: Candi Borobudur Akan Jadi Sumber Penerimaan Negara yang Besar

Ia optimistis target pengunjung dicapai mengingat puncak Hari Tri Suci Waisak bertepatan dengan libur panjang (Long Weekend).

"Jadi kita harapkan memang 40-50 ribu pengunjung. Juga pasang mata di seluruh Indonesia dan seluruh dunia melihat ke Candi Borobudur di tanggal 23 sampai long weekend tersebut," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Bisnis IDM Hetty Herawati mengatakan, wisawatan asing juga akan berdatangan ke Candi Borobudur untuk mengikuti pelepasan lampion.

Ia mengatakan, mayoritas wisatawan asing berasal dari Thailand, Kamboja, Vietnam, dan sekitarnya.

"Kebanyakan dari negara-negara yang berbasis buddhist di daerah Asia. Misalnya Thailand, paling banyak Thailand, Kamboja, Vietnam dan sekitarnya," kata Hetty.

Terakhir, Ketua Lampion Nasional Fatmawati mengatakan, pelepasan lampion merupakan bagian dari badah umat Buddha yang terakhir.

Ia mengatakan, ada sebanyak 2.568 lampion yang akan diterbangkan di puncak Hari Tri Suci Waisak di Candi Borobudur.

"Ada 2.568 lampion nanti dilepaskan setelah rangkaian doa bersama," kata Fatmawati.

Baca juga: InJourney: Bergabungnya Garuda Indonesia Bakal Ciptakan Ekosistem Terintegrasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com