Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AAJI Dorong Peningkatan Jumlah Agen Asuransi

Kompas.com - 31/07/2017, 14:07 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat jumlah agen asuransi yang tergabung dalam Million Dollar Round Table (MDRT) mencapai 1.367 anggota.

Jumlah ini mengalami kenaikan 47 persen dibandingkan dengan total anggota MDRT pada tahun 2016 yang mencapai 928 anggota.

Untuk bisa menjadi anggota MDRT, seorang agen asuransi perlu mengantongi premi pribadi sebesar Rp 542,5 juta akumulasi premi pertama pertahun.

Untuk masuk ke level yang lebih tinggi, yakni Court of The Table (COT) dan Top of The Table (TOT), seorang agen harus mengumpulkan premi masing-masing Rp 1,6 miliar dan Rp 3,2 miliar per tahun.

Menurut Ketua Umum AAJI, Hendrisman Rahim, pada kuartal I 2017 jumlah agen asuransi jiwa di Indonesia bertumbuh 15,2 persen menjadi 566.356 orang. Dengan pertumbuhan jumlah agen berlisensi tersebut, keanggotaan MDRT diharapkan akan meningkat.

Pasalnya, asosiasi akan terus mendorong pertumbuhan anggota MDRT sejalan dengan pertumbuhan agen asuransi jiwa secara keseluruhan.

"Dengan adanya MDRT, diharapkan profesi agen asuransi semakin dikenal oleh masyarakat luas. Saat ini, semakin banyak orang menekuni profesi sebagai agen asuransi jiwa tidak terkecuali orang-orang muda," kata Hendrisman di Jakarta, Senin (31/7/2017).

Menurut Hendrisman, agen asuransi sudah mulai dicari sebagai pendamping dalam memberikan edukasi tentang perencaan keuangan keluarga. Di Indonesia, jumlah anggota MDRT saat ini masuk peringkat ketiga untuk kawasan Asia Tenggara.

Adapun jumlah anggota MDRT di negara ASEAN, yaitu Filipina 1.556 anggota, Thailand 1.541 anggota, Indonesia 1.367 anggota, Vietnam 1.274 anggota, Singapura 1.086 anggota, dan Malaysia 1.041 anggota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com