Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Tak Malas, Kinerja Airport Helper di Bandara Soekarno-Hatta Dipantau

Kompas.com - 08/09/2017, 07:20 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) (AP II) akan mengevaluasi layanan Airport Helper di Bandara Soekarno-Hatta. AP II akan menerapkan sejumlah cara untuk mengawasi kinerja Airport Helper ini. 

Salah satu caranya, perseroan menugaskan supervisor internal untuk mengawasi dan menilai kinerja personil Airport Helper.  

Branch Communication Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Dewandono Prasetyo mengatakan, penumpang pesawat juga dapat menilai personoli Airport Helper melalui situs resmi www.angkasapura2.co.id

Penilaian dari penumpang juga akan digunakan untuk melakukan evaluasi kinerja personil Airport Helper.

(Baca: Jasa Porter di Bandara Soekarno Hatta Gratis, Penumpang Diimbau Tak Beri Tip)

 

Cara lain, AP II tengah mengembangkan sistem teknologi informasi yang dapat memantau langsung pergerakan personil Airport Helper dan mengecek berapa banyak personil yang sedang melayani penumpang pesawat di terminal.

Nantinya, penumpang pesawat juga dapat menilai personil Airport Helper melalui device yang dipegang personil Airport Helper.

"Kami akan terus menyempurnakan layanan yang diberikan Airport Helper sehingga dapat selalu bermanfaat bagi penumpang pesawat, di mana saat ini sudah ditemukenali mekanisme yang lebih  baik untuk diimplementasikan," ujar Dewandono dalam keterangannya, Kamis (7/9/2017).

Seperti diketahui, Airport Helper adalah layanan yang diberikan secara gratis bagi untuk membantu penumpang pesawat membawa barang bawaan ketika tiba di terminal.  

Personil Airport Helper memakai seragam berwarna biru bertuliskan Airport Helper dan bertugas di area curb side keberangkatan serta kedatangan.

Lebih dari itu, Airport Helper seharusnya secara aktif bertanya apakah penumpang pesawat membutuhkan bantuan untuk membawa barang bawaan atau tidak. Apabila membutuhkan bantuan, maka tentu Airport Helper harus membantu.  

"Kami berterima kasih kepada masyarakat atas perhatian terhadap layanan dari Airport Helper, termasuk melalui video yang sejak kemarin beredar di media sosial tentang personil Airport Helper yang terkesan tidak mempedulikan penumpang pesawat dengan banyak barang bawaan," imbuh dia.  

Layanan Airport Helper tersedia 24 jam di Bandara Internasional Soekarno-Hatta di mana dalam 1 hari terdapat tiga shift kerja yakni dimulai pada pukul 06.00 WIB, lalu 14.00 WIB, dan 22.00 WIB. Adapun pada setiap shift kerja terdapat 90 personil Airport Helper yang bertugas.

Kompas TV Pemudik Penuhi Bandara Juanda Surabaya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com