Irit APBN, Kemenhub-Pelindo III Duet Operasikan Pelabuhan Waingapu - Kompas.com

Irit APBN, Kemenhub-Pelindo III Duet Operasikan Pelabuhan Waingapu

Aprillia Ika
Kompas.com - 10/09/2017, 19:13 WIB
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat ditemui di Kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa (5/9/2017). KOMPAS.com/ACHMAD FAUZI Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat ditemui di Kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa (5/9/2017). 

WAINGAPU, KOMPAS.com - Guna menekan penggunaan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pada sejumlah sektor transportasi, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan kerja sama pengoperasian Pelabuhan Waingapu dengan PT Pelindo III (Persero).

"Kami akan kontrak pemanfaatan selama 30 tahun," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Pelabuhan Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Minggu (10/9/2017) melalui siaran pers.

Untuk itu Menhub meminta nantinya Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas V Waingapu bertindak sebagai regulator dan memastikan faktor-faktor keselamatan pada sektor laut di Waingapu.

Lebih lanjut Menhub meminta kepada PT Pelindo III untuk meningkatkan kemampuan Pelabuhan Waingapu. Tidak hanya mengembangkan pelabuhan tapi fasilitas di Pelabuhan Waingapu juga diminta Menhub untuk lebih ditingkatkan. Sehingga nantinya dapat memberikan pelayanan yang efektif dan efisien untuk kegiatan bongkar muat barang.

"Pelabuhan Waingapu harus diperpanjang dermaganya dan peralatan ditingkatkan sehingga kapal yang datang lebih banyak dan bongkar muatnya lebih cepat. Jangan lagi di sini satu sampai tiga hari, kami maunya setengah hari selesai dan banyak kapal-kapal yang datang ke sini. Untuk itu Pelindo harus menginvestasi alat crane sehingga kapasitasnya lebih banyak dan lebih cepat," ujar Menhub.

Menhub berharap dengan dikerja-samakan dengan PT Pelindo III ini nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Sumba Timur.

Sebagai informasi, Pelabuhan Waingapu saat ini memiliki dua dermaga, Dermaga Nusantara II berukuran 120 m x 12 m yang dilengkapi dengan trestle seluas 80 m x 10 m serta lapangan penumpukan seluas 88 m x 21 m ditambah pelebaran 62 m.

Kedua, dermaga Pelra II seluas 70 m x 10 m yang dilengkapi tiga lapangan penumpukan. Lapangan penumpukan pertama seluas 100 m x 63 m, lapangan penumpukan kedua seluas 27 m x 18 m, lapangan penumpukan ketiga seluas 44 m x 18 m dan Gudang seluas 30 m x 18 m.

Pada kesempatan kunjungan tersebut Menhub menyaksikan penandatangan kesepakatan bersama tentang pemanfaatan barang milik negara antara KSOP Pelabuhan Waingapu dengan PT Pelindo III.

Turut menyaksikan penandatanganan tersebut adalah Bupati Sumba Timur Gideon Biliyora, Forkomida setempat, dan sejumlah pejabat daerah terkait.

 

PenulisAprillia Ika
EditorAprillia Ika
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM