Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

INACA: Kenaikan Tarif Batas Bawah Tiket Pesawat Tak Pengaruhi Inflasi

Kompas.com - 26/10/2017, 20:21 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Penerbangan Sipil Indonesia atau Indonesia National Air Carriers Association (INACA) menyatakan kenaikan tarif batas bawah pada tiket pesawat kelas ekonomi tidak akan berpengaruh pada inflasi nasional.

Artinya, kenaikan tiket kelas ekonomi tidak akan mempengaruhi pengeluaran masyarakat.

"Peningkatkan tarif batas bawah tidak akan ada signifikan ke tingkat inflasi nasional. Karena memang persaingan. Kapasitas di industri memungkinkan peningkatan tersebut tanpa potensi peningkatan inflasi nasional secara signifikan," ujar Ketua Umum INACA, Pahala N Mansury di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (26/10/2017).

Tarif batas bawah, terang Pahala, memang harus dinaikan. Sebab, biaya operasional maskapai juga mengalami kenaikan yang cukup tinggi yakni mencapai 34 persen.

Biaya operasional yang paling memberatkan yakni, bahan bakar minyak yang berkontribusi 45-60 persen dari biaya operasional maskapai.

"Memang pengaturan tarif batas bawah ada 3 pertimbangan, biaya operasional keseluruhan, komposisi biaya-biaya operasional, dan biaya yang terkait dengan memastikan safety. Kami, lihat sendiri sebagai maskapai, tiga hal ini sudah cukup wajar untuk dipertimbangkan ada penyesuaian," jelas dia.

Pahala mengungkapkan, INACA mengusulkan kenaikan tarif batas bawah sebesar 40 persen dari tarif batas atas.

"Tentunya dengan melihat komposisi dan juga peningkatan biaya-biaya yang harus ditanggung oleh maskapai sejauh ini?, sekitar segitu (40 persen)," pungkas dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com