Mark Zuckerberg: Teknologi Tak Ciptakan Lapangan Kerja - Kompas.com

Mark Zuckerberg: Teknologi Tak Ciptakan Lapangan Kerja

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 09/11/2017, 12:30 WIB
Pendiri Facebook Mark Zuckerberg menjadi salah satu pembicara di sesi keynote acara Mobile World Congress 2016 di Barcelona, Spanyol, Selasa (23/2/2016).Oik Yusuf/KOMPAS.com Pendiri Facebook Mark Zuckerberg menjadi salah satu pembicara di sesi keynote acara Mobile World Congress 2016 di Barcelona, Spanyol, Selasa (23/2/2016).

NEW YORK, KOMPAS.com - Pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg menyatakan, teknologi tidak serta-merta menciptakan lapangan kerja. Akan tetapi, teknologi akan memperbaiki gaji karyawan yang memperoleh pelatihan guna memanfaatkan inovasi pada industri mereka.

Mengutip CNBC, Kamis (9/11/2017), hal tersebut diungkapkan Zuckerberg setelah mengunjungi sebuah lahan pertanian angin di Oklahoma. Sepanjang tahun ini, Zuckerberg berkeliling AS dan mengunjungi banyak tempat.

"Saya berada di Oklahoma dalam kunjungan terakhir saya, bagian dari tantangan Year of Travel," tulis Zuckerberg pada akun Facebook pribadinya.

(Baca: Mark Zuckerberg Ingin Jual 75 Juta Saham Facebook, Untuk Apa?)

Zuckerberg pun mengungkapkan mengenai dampak teknologi terhadap para pekerja. Menurut dia, banyak orang kini lebih fokus kepada apakah teknologi akan menciptakan atau malah menghancurkan lapangan kerja.

"Saya sudah melihat keduanya tahun ini. Perbaikan teknologi telah menciptakan lebih banyak pekerjaan di beberapa industri, namun ada juga industri yang memangkas pekerjaan," jelas Zuckerberg.

Ayah dari Max dan August ini pun menyatakan, jumlah pekerjaan yang ada saat ini kira-kira tidak jauh berbeda dari sebelumnya.

Namun, guna beroperasi di tengah pesatnya kemajuan teknologi, para karyawan membutuhkan lebih banyak pelatihan dan kemudian gajinya pun akan meningkat.

Beberapa studi yang dilakukan sejumlah universitas telah menyatakan bahwa teknologi akan mengurangi pekerjaan di banyak profesi dalam beberapa dekade mendatang.

Kompas TV Robot dengan Kecerdasan Buatan Hasilkan Obat Baru


PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorAprillia Ika
SumberCNBC
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM