BKPM: Sektor Pariwisata dan "E-Commerce" Paling Menjanjikan di 2018 - Kompas.com

BKPM: Sektor Pariwisata dan "E-Commerce" Paling Menjanjikan di 2018

Andri Donnal Putera
Kompas.com - 14/11/2017, 12:08 WIB
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong usai konferensi pers di Kantor Pusat BKPM, Jakarta, Senin (30/10/2017).KOMPAS.com/PRAMDIA ARHANDO JULIANTO Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong usai konferensi pers di Kantor Pusat BKPM, Jakarta, Senin (30/10/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong menyebut bidang pariwisata dan bisnis digital e-commerce sebagai dua sektor yang dianggap paling menjanjikan untuk pilihan investasi tahun 2018.

Hal itu dinilai melalui pertumbuhan kegiatan ekonomi yang berasal dari kedua sektor tersebut dengan tingkat pertumbuhan cukup cepat pada tahun 2017.

"Sektor pariwisata ini masih belum banyak dicermati," kata Thomas melalui rekaman video yang ditampilkan dalam acara Economic Outlook oleh UOB Indonesia di hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2017).

Lembong menjelaskan, pemerintah sebenarnya sudah mengisyaratkan dorongan lebih untuk memajukan sektor pariwisata dalam negeri dengan sejumlah arah kebijakan yang telah dilakukan selama ini. Di antaranya, melalui maraknya pembangunan infrastruktur dan kebijakan pembebasan visa di 170 negara.

Untuk pembangunan di sektor infrastruktur, pemerintah disebut Thomas gencar membangun bandar udara baru hingga membuka jaringan listrik di tempat-tempat yang sulit dijangkau sebelumnya. Dari dua poin itu, Lembong memandang sektor pariwisata ke depannya akan lebih mudah untuk bertumbuh.

"Kedua soal era e-commerce, ekonomi digital. Ini menjadi peluang sekaligus tantangan, peluang untuk startups membuat platform dan aplikasi baru dan tantangannya harus bisa mengikuti perkembangan ekonomi dunia yang signifikan," tutur Thomas.

Berdasarkan penilaian tersebut, Thomas memastikan tahun 2018 akan menjadi momen yang tepat untuk berinvestasi. Ketepatan investasi tidak hanya dari dua sektor yang telah disebutkan, namun juga pada bidang-bidang lain yang dianggap punya potensi untuk tumbuh.

PenulisAndri Donnal Putera
EditorBambang Priyo Jatmiko
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM