Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Indonesia Membantu Palestina di Sektor Perdagangan

Kompas.com - 20/12/2017, 17:36 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menyatakan, Indonesia ikut membantu Palestina dari sektor perdagangan. Salah satunya mengekspor produk-produk Indonesia langsung ke Palestina. 

Sebelumnya, Indonesia harus lewat Jordania terlebih dahulu untuk mengekspor produk ke Palestina.

"Kesepakatan ini, sesuai perintah Bapak Presiden. Dengan zero tarif, warga Palestina akan menikmati barang dengan harga yang murah," ujar dia di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (20/12/2017).

Pria yang akrab disapa Enggar ini meminta ke pihak Palestina agar mendaftar apa-apa saja yang dibutuhkan. Hal ini agar, pihaknya bisa menyiapkan produk dan langsung ke Palestina. 

Baca juga: Mendag: Para Perokok Elektrik Berubahlah Jadi Perokok Biasa

"Mereka (Palestina) mengatakan perlu semua, tetapi perlu semua yang jadi priority apa? Dan kami siap mengirim ke sana dan dengan zero tarif," jelas dia.

Selain itu, mantan Ketua Real Estate Indonesia (REI) ini mengungkapkan, pemerintah juga membebaskan bea masuk produk-produk Palestina ke Indonesia. 

Tahap pertama, tambah dia, dua produk yakni, kurma dan minyak zaitun yang bea masuknya dibebaskan.

Pembebasan bea masuk dua produk tersebut akan dimulai pada Januari 2018, karena menunggu dari Peraturan Menteri Keuangan mengenai pembebasan bea masuk. 

"Ini suatu yang konkrit untuk Palestina.  Mereka (Palestina) memberikan apresiasi dan berterima kasih untuk kita," sebut dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com