Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2020, Pemerintah Targetkan Inflasi di Kisaran 3 Persen

Kompas.com - 22/01/2018, 11:56 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) mengadakan rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID). Di dalam rapat tersebut dibahas mengenai target inflasi tahun ini hingga tahun 2020 mendatang.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan, di dalam rapat itu, pemerintah dan BI membahas mengenai target inflasi nasional. Pasalnya, target inflasi akan dimunculkan di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Hingga tahun 2017 lalu, inflasi ditargetkan mencapai 4 plus minus 1 persen. Adapun untuk tahun 2018 ini, target inflasi dipatok berada pada kisaran 3,5 plus minus 1 persen.

"Tahun 2020 inflasi ditargetkan 3 plus minus 1 persen," kata Darmin di Kompleks Perkantoran BI, Senin (22/1/2018).

Baca juga: Impor Beras Dinilai akan Bantu Kendalikan Inflasi Januari 2018

Darmin mengemukakan, secara umum inflasi Indonesia dari tahun ke tahun mengalami tren penurunan. Namun demikian, pemerintah dan BI menginginkan agar inflasi Indonesia tidak jauh berbeda dibandingkan negara-negara lain, khususnya yang menjadi mitra dagang.

Adapun pembicaraan mengenai inflasi secara khusus akan dilakukan pada pertengahan tahun ini. Pada acara tersebut, akan dipaparkan mengenai potensi dan risiko inflasi di masing-masing daerah di Tanah Air.

Rapat tersebut dimulai sekira pukul 09.00. Pantauan Kompas.com, tampak hadir Menteri Darmin, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno, dan Gubernur BI Agus DW Martowardojo.

Hingga tahun 2017 lalu, inflasi Desember 2017 tercatat sebesar 0,71 persen secara bulanan (mtm). Dengan demikian, secara keseluruhan inflasi tahun 2017 mencapai 3,61 persen secara tahunan (yoy).

BI menyatakan, dengan perkembangan tersebut, inflasi dalam tiga tahun terakhir secara konsisten berhasil dikendalikan dalam kisaran sasaran.

Kompas TV Presiden Jokowi menyatakan, data ekonomi Indonesia memperlihatkan kondisi yang baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com