Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Tahun 2017, Harga Semua Tipe Rumah Naik

Kompas.com - 08/02/2018, 19:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Survei Harga Properti Residensial (SHPR) Bank Indonesia (BI) pada kuartal IV 2017 mengindikasikan harga properti residensial di pasar primer tumbuh meningkat dibandingkan kuartal sebelumnya.

Ini tecermin dari Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) kuartal IV 2017 yang tumbuh 0,55 persen secara kuartalan (qtq).

Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan IHPR pada triwulan sebelumnya sebesar 0,50 persen (qtq). Kenaikan harga rumah terjadi pada semua tipe rumah, terutama rumah tipe menengah, dengan kenaikan tertinggi terjadi di Bandar Lampung.

"Peningkatan harga rumah tersebut terutama disebabkan kenaikan harga bahan bangunan dan upah tenaga kerja," tulis bank sentral dalam pernyataan resminya, Kamis (8/2/2018).

Kenaikan harga rumah diperkirakan berlanjut pada kuartal I 2018, yakni sebesar 0,72 persen (qtq). Adapun volume penjualan rumah pada kuartal IV 2017 tumbuh meningkat.

Penjualan rumah tumbuh 3,05 persen (qtq), lebih tinggi dibandingkan penjualan rumah pada kuartal III 2017 yang tumbuh 2,58 persen (qtq). Perkembangan sektor properti residensial tersebut sejalan dengan pemulihan ekonomi domestik yang terus berlangsung pada kuartal IV 2017.

Hasil survei juga menunjukkan pembiayaan pembangunan properti residensial oleh pengembang terutama bersumber dari dana nonperbankan.

Sebanyak 56,18 persen pengembang menggunakan dana internal perusahaan sebagai sumber utama pembiayaan pembangunan properti residensial.

Sementara itu, pembiayaan pembelian properti residensial oleh konsumen terutama bersumber dari perbankan. Sebanyak 75,93 persen konsumen memanfaatkan kredit pemilikan rumah (KPR) sebagai fasilitas utama dalam melakukan transaksi pembelian properti residensial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com