Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BUMN Mulai Garap Potensi Wisata Sumatera Barat

Kompas.com - 09/02/2018, 09:00 WIB
Pramdia Arhando Julianto,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pegadaian (Persero) memimpin sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam rangka mengembangkan pariwisata provinsi Sumatera Barat yang dicanangkan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno.

Kegiatan ini juga diikuti oleh jajaran Direksi BUMN yang melakukan sinergi pengembangan wisata tersebut.

Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Sunarso mengatakan, pengembangan sektor pariwisata di Sumatera Barat, dilaksanakan melalui beberapa program.

Pada tahap awal pengembangan meliputi pembangunan infra struktur pariwisata Pantai Padang, Bukit Tinggi, dan Kelok Sembilan.

Baca juga : Arab Saudi Bidik Raja Ampat-nya Sumatera Barat

"Pertama, revitalisasi koridor Padang berupa pembuatan welcome gate dan papan informasi di Bandara Minangkabau dan pengembangan infrastruktur Pantai Cimpago yang telah diserahterimakan kepada Pemda setempat," ujar Sunarso melalui keterangan resmi, Jumat (9/2/2018).

Adapun total biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 769 juta. Kedua, koridor Bukittinggi dengan revitalisasi tenda kuliner, toilet dan persediaan air bersih, menara pandang, taman, pagar, dan renovasi lainnya yang menyerap anggaran sebesar Rp 3 miliar.

"Dan ketiga, koridor Kelok Sembilan yakni renovasi mushola, toilet VIP, toilet umum serta pengelolaan limbah yang menyerap anggaran sebanyak Rp 190 juta serta sudah diserahterimakan kepada Pemda setempat," ungkapnya.

Baca juga : Jokowi Akan Letakkan Batu Pertama Pembangunan Tol Padang-Pekanbaru

Menteri BUMN Rini Soemarno menyampaikan bahwa untuk menyukseskan program ini pemerintah segera mempercepat proses pembangunan jalan tol Padang-Bukittinggi.

“Pembangunan jalan tol ini akan mengurai kemacetan yang selama ini dialami oleh warga. Ekonomi masyarakat akan meningkat seiring teratasinya kendala transportasi," kata Rini.

Selain itu, Rini juga meminta agar BUMN-BUMN terus meningkatkan perannya sebagai agen pembangunan.

"Program-program CSR harus terus ditingkatkan dalam rangka membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com