Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepanjang 2017, Pegadaian Catatkan Laba Rp 2,5 Triliun

Kompas.com - 15/03/2018, 12:11 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pegadaian (Persero) pada tahun 2017 meraup laba Rp 2,5 triliun tumbuh 13,7 persen secara year-on-year (YoY). Pertumbuhan tersebut seiring dengan upaya perseroan meningkatkan kualitas layanan dan memperluas jaringan hingga ke pelosok Tanah Air.

Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Sunarso dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (15/3/2018) mengatakan pencapaian tersebut didorong oleh kenaikan outstanding loan (OSL) menjadi Rp 36,882 triliun dan pendapatan usaha sebesar Rp 10,523 triliun.

“Atas capaian kinerja tersebut kami mentargetkan dapat melayani 11,5 juta nasabah pada tahun ini, sebagai wujud semangat kami untuk memperluas kehadiran layanan kami di masyarakat dan negeri ini,” jelas Sunarso dalam Paparan Kinerja PT Pegadaian (Persero) 2017, Kamis (15/3/2018), di Jakarta.

Menurut dia, target peningkatan jumlah nasabah tersebut optimis dapat dicapai seiring dengan peningkatan kualitas layanan digital dan makin banyaknya jaringan agen.

Adapun nasabah yang saat ini dilayani Pegadaian didominasi oleh nasabah yang berusia produktif atau sekitar 68 persen di bawah 45 tahun.

Perseroan menargetkan OSL pada tahun ini sebesar Rp45,4 triliun dan pendapatan usaha Rp12,5 triliun, meningkat sekitar 19% persen dibandingkan pendapatan tahun lalu Rp10,5 triliun.

"Performa keuangan perusahaan tahun 2018 diperkirakan akan terus tumbuh positif seiring dengan berlanjutnya prospek ekonomi nasional yang diperkirakan tumbuh 5,4 persen,” lanjut dia.

Untuk tahun ini, Pegadaian menargetkan laba bersih sebesar Rp 2,7 triliun, meningkat 7,14 persen dari tahun lalu sebesar Rp 2,52 triliun.

Dia menjelaskan, strategi utama sepanjang tahun ini meningkatkan kualitas layanan seperti digitalisasi business process, kenyamanan layanan di outlet, revitalisasi gudang dan logistik, serta pelayanan prima kepada nasabah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com