Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AP II Targetkan 1 Juta Pergerakan Pesawat di 2018

Kompas.com - 25/03/2018, 13:22 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

BINTAN, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II selaku BUMN di bidang pelayanan jasa kebandarudaraan menargetkan 1 juta pergerakan pesawat untuk tahun 2018.

Ada 14 bandara yang dikelola oleh AP II di seluruh wilayah Indonesia, dan dalam tahun ini akan bertambah beberapa bandara lagi untuk mendukung target tersebut.

"Bandara-bandara di bawah AP II siap untuk menerima 1 juta pergerakan aircraft di 2018 ini. Tahun kemarin kami sudah sampai pada angka 821.000 pergerakan pesawat di seluruh bandara AP II," kata Direktur Utama PT AP II Muhammad Awaluddin saat memberi sambutan di acara Airlines-Airport-AirNav-Authority Gathering di Bintan Lagoon Resort, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Jumat (23/3/2018).

Awaluddin menjelaskan, target untuk tahun ini tumbuh 24 persen dibanding realisasi atau capaian jumlah pergerakan pesawat tahun lalu.

Sepanjang 2017, bandara di bawah AP II juga bertambah satu dari yang sebelumnya hanya 13 bandara yang dikelola, yakni Bandara Banyuwangi di Jawa Timur.

Dia meyakini target tersebut bisa tercapai. Adapun program tersebut dinilai sejalan dengan upaya pemerintah pusat, khususnya Kementerian Pariwisata, untuk mendatangkan turis mancanegara ke Indonesia sebanyak 4 juta orang.

"Pak Menteri Pariwisata punya ide menggabungkan tiga destinasi jadi satu paket wisata, Bali, Lombok, Banyuwangi sehingga harus didukung dengan kesiapan bandara selaku operator dan maskapai," tutur Awaluddin.

Rencananya, dalam tahun ini akan ada enam sampai tujuh lagi bandara baru yang dialih kelolakan kepada AP II. AP II juga akan fokus mengembangkan sejumlah bandara dalam rangka mengakomodasi kapasitas penumpang yang pertumbuhannya semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com