Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikunjungi Pelapor Khusus PBB, Mentan Pamer Ibu-ibu Tanam Cabai di Pekarangan

Kompas.com - 09/04/2018, 13:14 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelapor Khusus untuk Hak atas Pangan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Hilal Elver melakukan kunjungan di Kementerian Pertanian pada Senin (9/4/2018).

Dalam kunjungan tersebut, Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyampaikan kemungkinan Elven akan melakukan kunjungan pada beberapa lokasi implementasi Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) salah satunya di Yogyakarta pada Senin (10/4/2018).

Amran mengatakan, Elven ingin melihat langsung bagaimana KRPL mampu untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

"Dulu saat harga cabai naik, kita fokuskan KRPL untuk menanam cabai. Rumah tangga seluruh Jakarta kami ajak, dan kami terima kasih pada Ibu PKK, Dharmawanita, IWAPI, Kowani, seluruh organisasi perempuan yang ikut menanam cabai dan kami beri bantuan benih 10 juta batang gratis," ujar Amran dalam jumpa pers usai pertemuan.

Baca juga: Wapres Kritik Mentan yang Sering Libatkan TNI dalam Urusan Petani

Menurut dia,  ada 1.500 desa yang melakukan implementasi KRPL. Melalui program KRPL ini masyarakat dapat menanam sendiri di pekarangan masing-masing.

Amran menyebut, KRPL merupakah salah satu cara untuk memotong mata rantai suplai. Dalam pelaksanaannya pemerintah memberikan masing-masing 5 pot di tiap-tiap rumah.

Dia berharap melalui program KRPL ibu rumah tangga menjadi produktif, menabung, dan menghasilkan sayur yang sehat dan segar.

Selain program KRPL menurut Amran, Hilal Elver juga akan menyaksikan implementasi tanah tadah hujan dan lahan pasang surut di Palembang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com