Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik 18 Persen, Laba Bersih OCBC NISP Rp 663 Miliar di Kuartal I 2018

Kompas.com - 25/04/2018, 19:52 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank OCBC NISP Tbk melaporkan laba bersih sebesar Rp 663 miliar pada kuartal I 2018. Capaian ini tumbuh 18 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Adapun total aset OCBC NISP pada kuartal I 2018 tercatat sebesar Rp 161,6 triliun. Angka ini naik 12 persen secara tahunan (yoy) dibandingkan Rp 143,9 triliun pada kuartal I 2017 lalu.

Kenaikan total aset ini didorong oleh pertumbuhan kredit (gross) sebesar 17 persen (yoy) menjadi Rp 110,7 triliun dari Rp 94,5 triliun pada periode yang sama tahun 2017. Adapun penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) tumbuh 10 persen (yoy) dari Rp 109,7 triliun menjadi Rp 121,1 triliun di kuartal I 2018.

Presiden Direktur OCBC NISP Parwati Surjaudaja menyebut, pertumbuhan baik kredit maupun DPK menunjukkan komitmen OCBC NISP untuk tetap konsisten menjalankan fungsi intermediasinya.

Baca juga: Kuartal I, Astra Raup Laba Bersih 4,98 Triliun

Pertumbuhan kredit tersebut diimbangi dengan kemampuan menjaga kualitas kredit dengan mencatatkan rasio kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) gross sebesar 1,7 persen dan nett sebesar 0,7 persen.

Berdasarkan jenis penggunaannya, porsi kontribusi kredit modal kerja 45 persen, kredit investasi 42 persen, dan kredit konsumsi 13 persen.

“Survei perbankan yang dikeluarkan Bank Indonesia mencatat bahwa pertumbuhan kredit akan meningkat di kuartal II ini.  Selain itu, momen Ramadhan dan Lebaran juga akan mendongkrak permintaan kredi," ujar Parwati dalam pernyataan resmi, Rabu (25/4/2018).

Parwati menuturkan, OCBC NISP akan tetap fokus memberikan solusi keuangan komprehensif dan menyeluruh kepada segmen affluent di Indonesia.

“Dengan pengalaman selama 77 tahun dan dukungan group OCBC yang hadir di 18 negara dengan berbagai jasa keuangan, dapat memberikan nilai tambah bagi nasabah. Bank OCBC NISP akan terus menggali peluang dan solusi-solusi keuangan dengan returndan risk yang terbaik untuk nasabah,” jelas Parwati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com