Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Indonesia Akhirnya Naikkan Suku Bunga Acuan Jadi 4,5 Persen

Kompas.com - 17/05/2018, 19:10 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia, akhirnya menaikkan suku bunga acuan BI 7-day Reverse Repo Rate sebesar 25 bps menjadi 4,50 persen.

Selain itu Bank Indonesia juga menaikkan suku bunga Deposit Facility 25 bps menjadi 3,75 persen dan suku bunga Lending Facility naik 25 bps jadi 5,25 persen. Kenaikan ini berlaku efektif sejak 18 Mei 2018.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, kebijakan yang ditempuh merupakan bagian dari bauran kebijakan BI untuk menjaga stabilitas perekonomian Indonesia di tengah kondisi ketidakpastian global.

"BI ingin meyakini adanya depresiasi ataupun ekspetasi defisiasi yg dapat menimbulkan resiko kepada inflasi dan kita tidak ingin depresiasi ini berdampak kepada infalsi dan akhirnya berdampak kembali kepada depresiasi," ujarnya dalam konferensi pers di Bank Indonesia, Kamis (17/5/2018).

Baca juga: Kenaikan Suku Bunga Acuan Bisa Jadi Sinyal Positif

Dia menyebutkan, dengan kenaikan suku bunga acuan tersebut BI masih memprediksi pertumbuhan ekonomi berada di kisaran 5,1 hingga 5,5 persen.

Selain itu, Agus juga menyampaikan defisit transaksi neraca berjalan pada Triwulan I 2018 sebesar 5,5 dollar AS, atau 2,1 persen dari PDB. Angka ini lebih rendah dari triwulan sebelumnya yang mencapai 6 miliar dollar AS atau 2,3 persen dari PDB.

Penurunan defisit transkasi berjalan ini dikarenakan turunnya defisit neraca jasa dan surplus pada neraca pendapatan sekunder.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com