Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementerian PUPR Petakan Kawasan RawanLongsor saat Musim Mudik

Kompas.com - 02/06/2018, 15:52 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah memetakan kawasan rawan longsor yang nantinya akan dilewati para pemudik Lebaran 2018. Wilayah rawan longsor tersebut berada di sejumlah lintasan di Pulau Jawa.

"Di bagian (Jawa) Timur itu mulai Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Tulunggagung itu daerah rawan longsor semua," ujar Kepala Biro Komuniasi Kementerian PUPR Endra Saleh Atmawidjaja di Cikini, Jakarta, Sabtu (2/6/2018).

Selain di Jawa Timur, Kementerian PUPR juga telah memetakan kawasan rawan longsor di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

"Kalau di Jawa Barat di sekitar Sukabumi, Bandung Selatan. Di Jawa Tengah saya kira di daerah tengah mulai Banjarnegara, Temanggung, dan Wonosobo," kata Endra.

Endra menambahkan, pemerintah telah membangun posko-posko di kawasan rawan longsor tersebut. Posko itu didirian untuk melayani para pemudik.

"Ada 80-an posko sudah kami sebar untuk menjamin. Kalau ada lubang di jalan karena hujan tinggi kalau ada lubang langsung kita selesaikan, kalau ada longsor juga kita langsung bersihkan sehingga nggak ganggu kelancaran lalu lintas," ucap Endra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com