Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Multi Bintang Akan Kembangkan Bisnis Baru di Luar Pasar Bir

Kompas.com - 09/07/2018, 06:52 WIB
Kurniasih Budi

Editor


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Multi Bintang Indonesia Tbk optimistis bisnisnya kian berkembang hingga akhir 2018. Khusus untuk pasar domestik, perusahaan akan memperluas portofolio.

“Strategi kami namanya beyond bir, artinya bir tetap akan menjadi backbone kami, tetapi kami juga akan merambah yang non-bir,” ujar Public and Regulatory Affairs Manager PT Multi Bintang Indonesia Tbk  Manorsa Tambunan dilansir Kontan.co.id, Minggu (9/7/2018).

Dengan strategi itu, perusahaan akan mengupayakan peluang dalam inovasi produk.

Saat ini, Manorsa mengaku belum mengetahui apakah akan ada produk terbaru karena perusahaan masih mengkaji pasar di Indonesia.

Baca juga: Multi Bintang Raup Pendapatan RP 3, 39 Triliun Sepanjang 2017

Multi Bintang terus menggenjot penjualan di pasar domestik. Hal tersebut sejalan dengan laporan keuangan yang telah disampaikan dengan pendapatan penjualan domestik mencapai Rp 706,1 juta dibandingkan dengan ekspor sebesar Rp 3,77 juta pada kuartal I-2018.

Target kinerja

Meski pada kuartal I-2018 penjualan menurun, ia yakin kinerja Multi Bintang dapat bertumbuh tahun ini.

Berdasar laporan keuangan perusahaan pada kuartal I, penjualan perusahaan turun 18,3 persen menjadi Rp 734,36 juta dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 898,95 juta.

Oleh karenanya, perusahaan akan terus upayakan strategi untuk meningkatkan penjualan.

“Kuartal I menurun karena biaya belanja konsumen menurun,” ujar dia.

Meski fokus di pasar domestik, kata dia, perusahaan tak menutup mata untuk mengincar pasar mancanegara.

Baca juga: Multi Bintang Indonesia Ekspor Bir Perdana ke Korea Selatan

Pada Mei lalu, emiten dengan kode saham MLBI di Bursa Efek Indonesia (BEI) sudah melakukan ekspor ke Korea Selatan. Hal tersebut ditenggarai banyaknya turis dari Korea Selatan yang datang ke Indonesia dan menikmati bir bintang.

Oleh sebab itu, perluasan pasar ekspor terkait dengan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia. (Sugeng Adji Soenarso/ Barratut Taqiyyah Rafie)

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Beyond bir jadi strategi utama Multi Bintang Indonesia untuk capai target

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com