Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TunaiKita Targetkan Ekspansi ke Seluruh Indonesia Akhir 2018

Kompas.com - 14/07/2018, 18:19 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu perusahaan financial technology (fintech) TunaiKita menargetkan melakukan ekspansi ke seluruh Indonesia pada akhir 2018. Hal itu dilakukan guna membuat masyarakat sadar dan paham tentang TunaiKita sebagai perusahaan fintech.

VP Corporate Affairs TunaiKita Anggie Setia Ariningsih menyatakan bahwa sejak berdiri setahun yang lalu, TunaiKita sudah ada di 39 kota di seluruh Indonesia.

"Kami sudah beroperasi di 39 kota hampir di seluruh Indonesia selama setahun ini dan kami ada rencana (ekspansi) ke Indonesia bagian timur seperti Maluku, Papua, jadi hampir di semua pulau akan ada. Insya Allah akhir tahun ini di semua kota," kata Anggie di Jakarta, Jumat (13/7/2018).

Selain itu, lanjut Anggie, sejalan dengan misi OJK untuk mengedukasi masyarakat tentang perusahaan fintech maka TunaiKIta juga berencana melakukan sosialisasi dengan keliling 12 kota.

"Dalam sosialisasi tersebut kami akan jabarkan bagaimana itu fintech, apa saja risikonya. Intinya kami ingin masyarakat lebih pintar tentukan produk fintech buat mereka," tutur Anggie.

Dalam praktiknya, TunaiKita memberikan pinjaman ke masyarakat dengan jumlah uang Rp 500.000 hingga Rp 20 juta. Untuk bisa mendapatkan pinjaman tersebut, calon pengguna harus menyediakan KTP dan NPWP.

Penggunaan NPWP sendiri dijelaskan Anggie untuk mengurangi risiko kredit macet atau non-performing loan (NPL).

"Yang membedakan kami dengan fintech lainnya adalah kami memberikan pinjaman ke orang-orang yang memang bertanggung jawab. Ini dimulai dari awal, mereka enggak cuma kita minta KTP tapi ada NPWP juga berarti kita mau orang-orang yang taat pajak karena dengan menjaga pemberian loan maka NPL kita juga akan terjaga juga dong jadi enggak main asal semua dikasih," ungkap Anggie.

Adapun saat ini aplikasi TunaiKita diklaim telah diunduh sebanyak dua juta kali oleh penggunanya. Chief Operating Officer (COO) TunaiKita Andry Huzain pun menyebutkan bahwa hampir dua juta orang telah mengajukan pinjaman ke TunaiKita.

"Untuk jangka pinjamannya dari 10 hari sampai 6 bulan. Ada yang sekali pinjam bayar, ada juga cicilan 3 bulan sampai 6 bulan. Average nominalnya yang pinjam ke kami itu Rp 1,5 juta sampai Rp 4 juta," tandas Andry.

Caption: Perusahaan fintech TunaiKita targetkan ekspansi ke seluruh pulau di Indonesia hingga akhir 2018. Foto diambil Jumat (13/7/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com