Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Pengendali Inflasi Bahas Strategi untuk Hadapi Berbagai Tantangan

Kompas.com - 26/07/2018, 17:45 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Kurniasih Budi

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menegaskan bahwa tantangan pengendalian inflasi harus bisa ditangani ke depannya.

Tantangan internal yang dimaksud adalah ketersediaan pasokan pangan dan kelancaran distribusi.

Sementara, tantangan eksternalnya yakni kenaikan harga minyak dan komoditas pangan global yang berdampak pada kenaikan harga pangan.

Dalam Rapat Koordinasi Nasional Tim Pengendali Inflasi Daerah 2018, seluruh tim yang sudah terbentuk di ratusan daerah akan membahas soal strategi menghadapi tantangan-tantangan itu.

Baca juga: 15 Daerah Ini Dinobatkan sebagai Pengendali Inflasi Terbaik 2018

"Mempertimbangkan berbagai tantangan tersebut, dalam forum kali ini akan difokuskan untuk menjawab empat pertanyaan besar," ujar Perry di Jakarta, Kamis (26/7/2018).

Pertanyaan pertama, bagaimana mempercepat pembangunan infrastruktur pertanian, konektivitas, dan proses pembebasan lahan di daerah. 

Persoalannya bukan hanya membangun jalan, tapi juga irigasi. Ketersediaan infrastruktur, kata Perry, dapat meningkatkan ketersediaan pasokan.

Termasuk, ia melanjutkan, untuk mencari solusi apa yang dilakukan untuk kelancaran distribusi dari petani sebagai produsen hingga konsumen. Salah satunya dengan memperkuat perdagangan antar-daerah.

Baca juga: Bank Dunia Beri Utang 300 Juta Dolla AS untuk Reformasi Logistik

"Dari suatu daerah yang surplus bahan langan, bisa secara langsung diperdagangkan ke daerah yang kekurangan pangan. Perdagangan antar daerah sudah terjadi di berbagai provinsi," kata Perry.

Ketiga, bagaimana memanfaatkan teknologi dengan bangun sistem informasi. Saat ini, pusat informasi harga pangan strategis sudah begitu luas. Namun demikian, perlu adanya sistem informasi yang mencakup data produksi perdagangan bisa menjadi informasi yang terintegrasi.

"Itu termasuk yang akan kita fokuskan dalam kerja kita di TPID," kata Perry.

Komitmen bank sentral

Keempat, bagaimana memperkuat sinergi kebijakan antara pusat dan daerah.

Perry memastikan, BI akan mendukung berbagai upaya di bidang tersebut untuk meningkatkan produksi pangan.

"Selain itu, sebagai penguatan, BI mendorong kerja sama antar-daerah unruk mengembangkan sentra produk pertanian," kata Perry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com