Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkasa Pura II Berpeluang Kelola Bandara Kediri

Kompas.com - 01/08/2018, 19:25 WIB
Bambang P. Jatmiko

Penulis

PALEMBANG, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (persero) berpeluang menjadi pengelola Bandara Kediri yang dibangun oleh PT Gudang Garam Tbk.

Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis PT Angkasa Pura II (AP II) Daan Achmad mengatakan pihaknya sudah mendengar dari Gudang Garam yang berminat mempercayakan pengelolaan Bandara Kediri ke AP II.

"Nilai pembangunan Bandara Kediri cukup besar, yakni Rp 4 triliun hingga Rp 5 triliun. Semua itu dibiayai oleh Gudang Garam sendiri," ujarnya Rabu (1/8/2018).

Menurut Daan, pihaknya menyatakan siap untuk mengelola bandara tersebut. Sehingga, hal itu akan menambah portfolio bisnis perseroan di wilayah Jawa bagian timur.

Bandara Kediri merupakan infrastruktur yang dikembangkan sepenuhnya oleh swasta. Bandara ini akan menempati lahan seluas 400-600 hektare

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pada Mei lalu mengungkapkan hingga saat ini sudah ada progres yang cukup bagus atas rencana pembangunan bandara di Kediri, Jawa Timur. Bahkan juga berlangsung finalisasi desain.

Beberapa hal yang prinsip seperti lokasi maupun perizinan, kata Menhub Budi, juga sudah dikantongi. Bahkan rekomendasi dari TNI Angkatan Udara soal wilayah udara juga sudah final.

"Bandara lagi kita bahas. Lokasinya sudah kita tetapkan," ujar Menhub di sela meresmikan jembatan Wijaya Kusuma di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Selasa (29/5/2018).

Soal lokasi itu, kata Menhub, saat ini masih fokus pada penyelesaian pembebasan tanahnya. Dari kebutuhan lahan yang ada, saat ini menurutnya perkembanganya cukup baik dengan capaian pembebasan mencapai 70 sampai 80 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com