Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumat Pagi, Rupiah Melemah hingga 14.650 Per Dollar AS

Kompas.com - 24/08/2018, 11:39 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

Sumber Antara

JAKARTA, KOMPAS.com — Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat pagi bergerak melemah sebesar lima poin menjadi Rp 14.650 dibanding sebelumnya Rp 14.645 per dollar AS.

Ekonom Samuel Sekuritas Ahmad Mikail, Jumat, mengatakan, dollar AS menguat terhadap hampir semua mata uang dunia, termasuk rupiah didorong oleh ketidakpastian terhadap isu perang dagang Amerika Serikat dan China.

"Pertemuan kedua belah pihak yang terjadi belum menghasilkan sesuatu yang berarti untuk menyelesaikan permasalahan perang dagang," katanya, Jumat (24/8/2018).

Pascapertemuan itu, lanjut dia, mata uang yuan China terdepresiasi terhadap dollar AS. Pelemahan itu berdampak negatif terhadap pergerakan mata uang rupiah.

"Rupiah kemungkinan bergerak di kisaran level Rp14.600-Rp14.690 per dollar AS," katanya.

Analis Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra, mengatakan, sebagai mata uang safe haven, dollar AS mendapatkan keuntungan dari ketakutan dari gejolak dagang internasional.

Ia menambahkan, investor saat ini juga sedang fokus pada pidato ketua The Fed Jerome Powell pada pekan ini. The Fed dapat terus menaikan suku bunga selama ekonomi AS terus tumbuh.

"Jika pasar mengkonfirmasi kenaikan itu, maka dollar AS dapat terus menguat," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com