Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina EP Temukan Cadangan Migas di Jatibarang

Kompas.com - 24/08/2018, 16:47 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina EP (PEP), anak usaha PT Pertamina (Persero) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama di bawah pengawasan SKK Migas telah menemukan cadangan minyak dan gas (migas) serta kondensat di area PEP Asset 3 Jatibarang Field, Jawa Barat melalui pemboran sumur eksplorasi Akasia Maju – 001 (AMJ-001).

Exploration & New Discovery Project Director PT Pertamina EP Achmad Alfian Husein menyatakan, cadangan migas dan kondensat itu ditemukan setelah PEO melakukan pengeboran pada kedalaman 2.517 meter sejak 20 Maret hingga 20 Agustus 2018.

"Uji produksi berhasil mengalirkan hidrokarbon baik minyak ataupun gas. Salah satu uji produksi bahkan mempu mengalirkan minyak hingga 1.700 BOPD. Sementara hasil uji produksi lainnya juga mengalirkan gas dan kondensat," ujar Husein dalam keterangan tertulisnya, Kamis (23/8/2018).

Dia menyebut, penemuan cadangan migas dan kondensat itu merupakan bagian dari rencana kerja PEP pada tahun ini.

Baca juga: Menteri BUMN Rini Sebut Nicke Widyawati Akan Jadi Dirut Pertamina

“Alhamdulillah segala upaya yang telah dilaksanakan sudah mulai memberikan hasil yang positif, kami meyakini bahwa dengan sinergi serta kerja keras dapat memberikan kontribusi bagi pencapaian produksi nasional,” terangnya.

Husein menambahkan, selain menjadi angin segar bagi PEP, penemuan cadangan migas tersebut juga membuka peluang eksplorasi potensial di area yang sudah dalam tahapan matang secara produksi.

"PEP pun terus mengevaluasi struktur temuan serta memulai studi untuk mempercepat temuan ini ke tahap pengembangan," sebut dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com