Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

INACA Minta Ada Penerbangan Kelas Premium Ekonomi, Ini Fasilitasnya

Kompas.com - 25/10/2018, 23:12 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia National Air Carrier Association (INACA) meminta  pemerintah untuk segera mengeluarkan aturan mengenai penerbangan dengan kelas premium ekonomi. Pasalnya, potensi kelas penerbangan tersebut cukup besar di Indonesia.

Ketua Umum INACA Ari Askhara mengatakan, saat ini maskapai nasional masih sebatas fokus pada penerbangan kelas bisnis dan ekonomi. Regulasi yang ada sekarang belum memungkinkan maskapai nasional membuka penerbangan kelas premium ekonomi.

"Sekarang enggak bisa membuka itu karena regulasi tidak mengizinkan, padahal di dunia sudah banyak kelas premium ekonomi," ujar Ari di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (25/10/2018).

Ari menyebutkan,  bakal ada perbedaan mendasar antara penerbangan kelas premium ekonomi dan kelas ekonomi. Perbedaan tersebut di antaranya layanan kursi dan makanan serta minuman.

Baca juga: Soekarno-Hatta Peringkat 2 Bandara Megahubs Dunia untuk Penerbangan Murah

"Kalau kelas premium ekonomi kursinya yang 45 derajat dan ada sandaran kakinya. Selain itu harga tiketnya juga mungkin bisa satu setengah kali dibandingkan tiket kelas ekonomi biasa," sambungnya.

Menurut dia, beberapa maskapai seperti Singapore Airlines dan Cathay Pacific telah memiliki kelas penerbangan tersebut. Di Indonesia sendiri saat ini baru Garuda Indonesia yang berniat membuka kelas premium ekonomi untuk medium dan long flight.

"Rencananya ya untuk medium flight seperti Hong Kong dengan waktu antara lima hingga sembilan jam dan long flight dengan waktu tempuh 10 jam lebih," jelas dia.

Berkaitan dengan itu, Ari menyatakan segera menyurati Kemenhub dan juga Kemenko bidang Perekonomian untuk memuluskan rencananya tersebut.

"Nanti secepatnya kami akan mengirimkan surat untuk pembukaan kelas premium ekonomi itu ke Kemenhub dan Kemenko Perekonomian," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com