Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Dunia dan IDB Setujui Pinjaman 1,8 Miliar Dollar AS ke Argentina

Kompas.com - 02/11/2018, 08:30 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com - Bank Dunia dan Bank Pembangunan Inter-Amerika (IDB) telah menyetujui tiga paket pinjaman kepada Argentina senilai lebih dari 1,8 miliar dollar AS yang bertujuan untuk membantu negara di Amerika Selatan ini mengatasi kesulitan keuangan dan membantu warganya yang berisiko.

Dalam keterangannya dari Fox Business, Jumat (2/11/2018), Bank Dunia mengatakan  pinjaman pertama sebesar 500 juta dollar AS akan digunakan untuk kebutuhan anggaran. Adapun pinjaman kedua sebesar 450 juta dollar AS adalah bagian dari upaya melindungi 250.000 anak di Argentina hingga tahun 2020.

"Dukungan ini ke Argentina, terutama difokuskan pada sektor-sektor yang paling rentan, dan hadir pada saat yang penting bagi negara kami. Hal ini merupakan tanda sebuah kepercayaan bagi kami," kata Menteri Keuangan Argentina Nicolas Dujovne.

Sementara, pihak Bank Pembangunan Inter-Amerika mengatakan, telah menyetujui pinjaman sebesar 900 juta dollar AS. Dua pertiganya akan dicairkan tahun ini untuk membantu setidaknya 4 juta orang.

Pengumuman ini mencuat seminggu setelah Dana Moneter Internasional (IMF) meningkatkan pinjaman yang diberikan kepada Argentina pada bulan Juni menjadi 56,3 miliar dollar AS.

Seperti yang diketahui, Argentina terpukul oleh depresiasi tajam peso di tengah inflasi dua digit mereka. Mata uangnya kehilangan lebih dari setengah nilainya tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com