Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, Dana Pembiayaan Usaha Mikro Capai Rp 3 Triliun

Kompas.com - 11/12/2018, 19:31 WIB
Yoga Sukmana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah terus menambah dana untuk pembiayaan Usaha Mikro (UMi). Pada 2019 nanti, dana pembiayaan yang bisa dimanfaatkan pelaku usaha mikro akan mencapai Rp 3 triliun.

"Selama ini yang menerima adalah mereka para pengusaha yang sangat kecil dengan ukuran kredit Rp 5 juta dan maksimum Rp 10 juta," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani di Jakarta, Selasa (11/12/2018).

Perempuan yang kerap disapa Ani itu mengatakan, besaran dana UMi tahun depan lebih besar dari dana tahun 2018 yang hanya Rp 2,5 triliun. Dana tersebut berasal langsung dari APBN.

Baca juga: Usaha Mikro dan Kecil, Wajah Sesungguhnya Ekonomi Indonesia

Sementara itu Direktur Jenderal Perbendaharaan Marwanto Harjowiryono mengatakan, realisasi penyaluran UMi hingga November 2018 baru mencapai Rp 1,67 triliun.

"Itu diberikan kepada lebih dari 608.000 pelaku usaha mikro," kata Marwanto.

Berbeda dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR), penyaluran pembiayaan UMi tidak melalui perbankan, namun dilakukan melalui kerja sama dengan BUMN pembiayaan dalam hal ini PT Pegadaian, PT Permodalan Nasional Madani, PT Bahana Artha Ventura serta 18 koperasi yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Pembiayaan UMi disalurkan melalui badan layanan umum Pusat Investasi Pemerintah (PIP) dengan nilai pembiayaan paling banyak Rp 10 juta per debitur.

Baca juga: Maksimalkan Pembiayaan Mikro, PT KAI Gandeng PT PNM

Dalam pelaksanaannya, pembiayaan UMi tidak hanya menyediakan pembiayaan yang mudah dan cepat bagi usaha mikro, tetapi juga memberikan pendampingan usaha bagi debitur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com