Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qatar Airways Beli 5 Persen Saham China Southern Airlines

Kompas.com - 03/01/2019, 12:37 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Bloomberg

BEIJING, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Qatar Airways membeli 5 persen saham maskapai China Southern Airlines. Aksi korporasi ini untuk semakin mengintensifkan kehadiran Qatar Airways di industri penerbangan China.

Dikutip dari Bloomberg, Kamis (3/1/2019), Qatar Airways pun menyatakan keinginan untuk membeli lebih banyak porsi saham China Southern Airlines. Qatar Airways kini memiliki total 613,36 juta lembar saham China Southern.

Angka tersebut termasuk 430 juta saham yang tercatat di bursa Shanghai dan 183 juta lembar saham yang tercatat di bursa Hong Kong. Ini berdasarkan keterbukaan informasi yang dirilis China Southern.

Baca juga: Qatar Airways Beli Saham Cathay Pacific

Pada perdagangan hari ini, saham China Southern menguat 4 persen di Shanghai. Sementara itu di Hong Kong, saham China Southern menguat 1,9 persen.

Investasi di China Southern menjadikan Qatar Airways pemegang saham terbesar keempat pada maskapai milik pemerintah China tersebut. Aksi korporasi ini pun sejalan dengan strategi bisnis global Qatar Airways.

Baca juga: Maskapai China Southern Bakal Jual Saham ke American Airlines

Saat ini, Qatar Airways pun memiliki 20 persen saham induk perusahaan British Airways IAG SA, 10 persen saham maskapai Amerika Selatan Latam Airlines Group SA dan hampir 10 persen saham Cathay Pacific Airways Ltd.

Menurut keterbukaan informasi, Qatar Airways mengincar porsi kepemilikan saham yang lebih besar pada China Southern dalam 12 bulan ke depan. Adapun tiga pemegang saham terbesar China Southern adalah China Southern Air Holding Ltd, HKSCC (Nominees) Ltd, dan Nan Lung Holding Ltd.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com