Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CVR Lion Air JT-610 Ditemukan, Menhub Harap Penyebab Kecelakaan Terungkap

Kompas.com - 14/01/2019, 13:30 WIB
Yoga Sukmana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyelipkan satu harapan pasca ditemukannya black box berisi cockpit voice recorder (CVR) pesawat Lion Air PK-LQP nomor penerbangan JT 610. Pesawat itu jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, Oktober 2018 lalu.

"Ini memberikan suatu makna bagi upaya kita menemukan penyebab dari kecelakaan ini," ujarnya di Hotel Sahid, Jakarta, Senin (14/1/2019).

Ia mengaku bangga dengan TNI Angkatan Laut yang menemukan kotak hitam pesawat tersebut. Sebab, barang tersebut berisi percakapan pilot dalam penerbangan tersebut.

Baca juga: Black Box CVR Lion Air JT 610 Ditemukan

Sebelumnya, kata Budi, pihak Indonesia sampai menggunakan konsultan atau kapal dari Singapura untuk mencari CVR. Namun demikian, upaya itu tak membuahkan hasil.

Justru KRI Spica-934 dari Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) yang digandeng Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) berhasil menemukan CVR Lion Air PK-LQP tersebut.

"Saya bangga justru karena ini menggunakam KRI AL, oleh karena itu saya mengapresiasi," kata Menhub.

Baca juga: Cari CVR Lion Air JT 610, KNKT Butuh Kapal Khusus hingga Alat Sedot Lumpur

Soal data di CVR itu, Menhub mengatakan pasti butuh waktu untuk mengungkapnya kepada publik. Pemerintah sepenuhnya menunggu hasil penyelidikan akhir dari KNKT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com