Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Dapat Pekerjaan Impian? Cantumkan 6 Kata Ini di Surat Lamaran

Kompas.com - 23/01/2019, 10:05 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.comSurat lamaran adalah aspek penting dalam mencari kerja. Tujuan surat lamaran bukan meminta pekerjaan secara sopan, tetapi lebih dari itu.

Pakar karier Vicki Salemi memandang, ada sejumlah kata kunci yang bisa membuat surat lamaran kerja Anda menarik perhatian perekrut dan Anda memperoleh pekerjaan yang diidamkan.

"Anda bisa menarik perhatian manajer HRD dengan berbicara dalam bahasa perusahaan. Pelajari deskripsi pekerjaan perusahaan sebelum melamar, revisi surat lamaran Anda, dan lakukan riset cepat dan ganti kata-kata dalam surat lamaran berdasarkan bahasa perusahaan," jelas Salemi seperti dikutip dari Reader's Digest, Rabu (23/1/2019).

Setiap pekerjaan tentu memiliki persyaratan yang berbeda. Berikut ini 6 kata yang harus dimasukkan ke dalam surat lamaran Anda agar bisa memperoleh pekerjaan yang Anda idamkan.

1. "Memimpin"

Menurut Salemi, kata "memimpin" berarti Anda memiliki kemampuan terkait kepemimpinan, apakah Anda memimpin tim, proses, atau keduanya. Oleh karena itu, penting untuk mencantumkan kata ini di dalam surat lamaran.

2. "Meluncurkan"

Salemi menyatakan, kata berarti Anda memiliki inisiatif. Anda memiliki ide dan menyusurinya hingga selesai.

3. "Berhasil"

"Tunjukkan kesuksesan Anda. Jika Anda meraih penghargaan bergengsi di perusahaan Anda, cantumkan di surat lamaran Anda. Ini membantu Anda menonjol dibandingkan kandidat lainnya," ujar Salemi.

4. "Melatih"

Salemi mengungkapkan, jelaskan inisiatif kepemimpinan Anda dan gunakan penjelasan spesifik.

"Siapa yang Anda latih? Berapa banyak orang yang Anda latih? Apakah Anda menciptakan manual pelatihan bagi pegawai baru di departemen Anda?" kata Salemi merinci.

5. "Menyelesaikan"

Menurut Salemi, kata ini menunjukkan Anda tahu bagaimana bekerja secara independen dan proaktif. Jika ada angka yang disertakan, seperti bagaimana memangkas belanja departemen tanpa ada yang dirugikan, sebutkan di surat lamaran dan persiapkan penjelasannya untuk sesi wawancara.

6. "Menginisiasi"

"Ini menunjukkan kepercayaan diri dan kemampuan berpikir serta bergerak maju dengan ide-ide Anda," terang Salemi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com