Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Tol Terbanggi Besar-Bakuheuni Rampung, Tinggal Tunggu SLF

Kompas.com - 31/01/2019, 11:56 WIB
Murti Ali Lingga,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

TULANG BAWANG, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno mengatakan ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Provinsi Lampung sudah selesai pengerjaannya.

Kini tinggal menunggu proses sertifikasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), yang akan mengeluarkan sertifikat laik fungsi (SLF) setelah uji kelayakan.

"Jadi yang sekarang betul-betul selesai adalah (ruas tol) Beukeuhuni sampai Terbanggi Besar," kata Rini usai meninjau ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang, Lampung, Kamis (31/1/2019).

Rini mengatakan, ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar memiliki panjang 141 kilometer. Semuanya sudah selesai dan rampung dikerjakan, sehingga dalam waktu dekat sudah diresmikan.

"Itu sudah bisa diresmikan. Jadi dalam arti sudah mendapatkan sertifikasi (SLF Kementerian PUPR). Ini finalisasi," ujarnya.

Dia mengatakan, proses sertifikasi dari PUPR mengenai kelayakan itu sedang berjalan dan diharapkan bisa rampung dalam pekan ini dan segera keluar hasilnya.

Pada akhirnya, ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) ini sudah bisa disebut jalan tol dan difungsikan.

"Kita harap minggu ini selesai sertifikasi dari Kementerian PUPR. Bawa ini sudah bisa (disebut) jalan tol," imbuhnya.

Menteri Rini mengungkapkan, usai rampung dikerjakan pihaknya tengah mencari jadwal yang tepat untuk peresmikan ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar. Ia berjanji waktu tidak akan lama lagi.

"Lagi dicari jadwalnya. Kita harapkan dalam Februari ini," sebutnya.

Jika merujuk penjelasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu, peresmian ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar ini bisa dibilang molor dari yang jadwal sebelumnya, yakni akhir Desember 2018.

Jokowi pernah membeberkan progres tol Trans Sumatera. Diperkirakan akhir Desember 2018 akan meresmikan ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar. 

"Akhir Desember ini akan kita resmikan 148 kilometer dari Bakauheni menuju Terbanggi Besar," kata Jokowi dalam acara penutupan Rapimnas Kadin, di Hotel Alila Solo, Rabu (28/11/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com