Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumbangan Devisa dari Kelapa Sawit Turun Selama 2018

Kompas.com - 06/02/2019, 20:10 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) mencatat harga minyak kelapa sawit mengalami penurunan di 2018.

Harga rata-rata CPO tahun 2018 tercatat 595,5 dollar AS per metrik ton atau menurun 17 persen dibandingkan dengan harga rata-rata tahun 2017, yaitu 714,3 dollar AS per metrik ton.

"Penurunan harga yang cukup signifikan ini disebabkan oleh beberapa faktor," ujar Ketua Umum Gapki Joko Supriyono di Jakarta, Rabu (6/3/2019).

Joko menyebutkan, faktor yang menyebabkan harga CPO turun, yakni melimpahnya stok minyak nabati dunia termasuk minyak sawit di Indonesia dan Malaysia. Lalu, perang dagang antara China dan Amerika Serikat, dan daya beli yang Iemah karena perlambatan pertumbuhan ekonomi di beberapa negara tujuan ekspor.

Baca juga: Gapki: Produksi CPO di 2018 Memecahkan Rekor

Terakhir lanjut Joko, beberapa regulasi negara tujuan ekspor juga turut andil dalam penurunan harga.

"Rendahnya harga minyak sawit global ikut menggerus nilai devisa yang dihasilkan meskipun secara volume ekspor meningkat," kata Joko.

Adapun nilai sumbangan devisa minyak sawit Indonesia pada 2018 diperkirakan mencapai 20,54 miliar dollar AS atau menurun 11 persen dibandingkan 2017 lalu yang mencapai 22,97 miliar dollarAS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com