Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Seluruh Penerbangan Haji di Halim Dialihkan ke Soekarno Hatta

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, pengalihan akan dilakukan seterusnya. "Kami memutuskan mulai hari ini mungkin sampai seterusnya, penerbangan haji akan menggunakan Bandara Soekarno Hatta. Kami mengalami suatu hal yang tidak kita inginkan di Halim," kata Budi, seusai membuka KAI Travel Fair 2017, di Jakarta Convention Center, Sabtu (29/7/2017).

Dia mengatakan, sebenarnya landasan pacu Bandara Halim Perdanakusumah memiliki Pavement Classification Number (PFN) yang memadai. Hanya saja, dia menduga ada air tanah yang berlebihan.

Hal tersebut mengakibatkan adanya kandungan air di antara lapisan atas dan lapisan menengah, membuat landasan rawan terkelupas.

"Jadi secara spesifik memang sementara ini kami menghindari penggunaan Boeing 777 di Halim. Karena roda pesawat Boeing 777 lebih sedikit sehingga tumpuan per satuan titik lebih tinggi," kata Budi.

Runway di Bandara Halim Perdanakusumah mengelupas setelah satu kloter rombongan haji diterbangkan dengan pesawat Garuda Indonesia berbadan lebar atau wide body jenis Boeing 777.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/07/29/120348126/seluruh-penerbangan-haji-di-halim-dialihkan-ke-soekarno-hatta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke