Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Investasi Kondotel Menguntungkan? Ini Ulasannya

Akhir-akhir ini, kondotel banyak dilirik para investor karena selain masih dalam area properti yang jelas bisa menguntungkan, investor juga diuntungkan karena kondotel ini fisiknya sudah bagus dan tinggal dikelola.

Kondotel ini sendiri berupa sebuah bangunan yang terdiri dari unit-unit seperti halnya apartemen. Tiap unitnya juga dilengkapi dapur, ruang duduk, dan kamar tidur.

Ada juga pilihan kondotel yang bertipe studio. Yang pasti setiap kondotel ini menawarkan tipe yang berbeda-beda.

Kondotel juga dilengkapi fasilitas umum, seperti kolam renang, salon spa, restoran, meeting rooms, dan lain sebagainya.

Tiap unit ini kemudian akan dijual pada investor, lalu dikelola operator hotel yang memasarkanya. Unit ini disewakan pada tamu secara harian.

Lalu, bisakah bisnis kondotel ini mendatangkan keuntungan besar? Berikut ini tiga keuntungan yang akan didapat investor yang berinvestasi dengan kondotel.

1. Pendapatan yang Lumayan

Seperti telah dijelaskan, kondotel dioperasikan layaknya apartemen atau hotel dan akan menghasilkan pendapatan operasional.

Berbicara soal pendapatannya, para investor akan mendapatkan keuntungan kisaran 8–12 persen per tahunnya dari harga beli kondotel tersebut.

Sepertinya, persentase keuntungan ini bisa lebih besar ketimbang deposito. Sebagian besar kondotel akan memberikan imbal balik pada saat serah terima. Jumlah persentase timbal baliknya adalah 8–10 persen setiap 2–3 tahun.

Imbal balik tersebut dibayarkan langsung pada saat serah terima unit kondotel ini. Sederhananya, investor mendapat cash back dari pembeliannya.

2. Bisa Bermalam Gratis

Keuntungan berikutnya yang bisa Anda rasakan ketika berinvestasi pada kondotel adalah sang investor bisa menginap gratis di kondotel.

Ia juga bisa menikmati fasilitas hotel dan kenyamanan yang disediakan kondotel tersebut. Waktu menginap gratis ini juga bisa selama 18–30 hari setiap tahunnya.

3. Harga Terus Naik

Mengapa banyak investor tertarik dengan investasi kondotel ini karena harga unitnya yang terus meningkat, mengikuti kenaikan tingkat inflasi.

Harga unitnya bisa mengalami kenaikan hingga 20 persem per tahun. Kemudian kepemilikan investor atas kondotel tersebut juga bisa menjadi agunan kepada bank jika saja memerlukan pinjaman uang di bank.

Kondotel, Investasi Baru yang Bisa Anda Coba

Jika dari investasi kita menginginkan keuntungan yang cukup maksimal, investasi kondotel ini bisa menjadi pilihan investasi Anda.

Namun, sama halnya seperti jenis investasi properti lainnya, jenis investasi ini juga memerlukan modal awal yang cukup besar dan tentunya memiliki risiko yang besar juga.

Memiliki pengalaman dalam bisnis properti akan mempermudah Anda sukses dalam investasi kondotel ini.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/07/30/083000826/apakah-investasi-kondotel-menguntungkan-ini-ulasannya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke